Mulai 1 Juli, Puluhan Penerbangan Domestik Berpindah ke BIJB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sebanyak 56 penerbangan domestik Bandara Husein Sastranegara Bandung dipindahkan ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati, Majalengka, pada 1 Juli 2019. Perpindahan operasional penerbangan domestik itu sudah disepakati semua pihak, termasuk maskapai penerbangan.


Seperti diketahui, Menteri Perhubungan RI Budi Karya Sumadi mengatakan, 56 penerbangan domestik yang pindah ke BIJB Kertajati merupakan pesawat berjenis jet. Sedangkan, penerbangan pesawat berjenis propeller atau pesawat baling-baling dan penerbangan internasional tetap di Bandara Husein Sastranegara.

“Kita rencanakan paling lambat 1 Juli 2019 karena bertahap ada yang tanggal 20 Juli dan 23 juli. Yang di Bandung, ada 20 propoller dan 12 penerbangan luar negeri. Itulah bagian yang sudah kita sepakati. Insyaallah kita bisa laksanakan dengan baik,” katanya melalui siaran pers yang diterima, Selasa (18/6).

Penerbangan domestik yang pindah ke BIJB Kertajati antara lain penerbangan dengan tujuan Banjarmasin, Batam, Bali, Medan, Pekanbaru, Pontianak, Ujung Pandang. Adapun maskapainya adalah Garuda, Lion, Sriwijaya, Nam, Wings, Air Asia, Citilink.

Namun, ia memprediksi jumlah itu bertambah karena slotnya masih banyak. Ia menyarankan pesawat berbadan lebar lebih baik di Kertajati tidak di Bandung. Kebijakan ini ia klaim untuk kepentingan perkembangan pelabuhan dan pariwisata di Jabar.

Kepala Dinas Perhubungan Provinsi Jawa Barat Hery Antasari menyatakan, akses transportasi untuk memudahkan mobilitas penumpang disiapkan berupa trayek bus Damri dan shuttle.

Rute Bus Damri tersebut akan dibuka dari dan menuju Bandung, Kuningan, Cikarang, dan Cirebon. Sedangkan, shuttle untuk menjangkau Tasikmalaya, Cirebon, Kuningan, Indramayu, Purwakarta, Majalengka, dan Sumedang. Pengaktifan moda transportasi mengikuti jadwal dari pada penerbangan pesawat.

Sedikitnya ada 34 armada bus yang akan mengantarkan penumpang menuju BIJB dari kota Bandung dari 93 armada untuk sembilan kota/kabupaten di Jawa Barat.

“Kalau dari Bandung akan lewat Cipali dengan jarak tempuh hanya dua jam jika arus normal, meski dipindahkan dari Husein tetap lebih cepat ke BIJB di banding ke Soekarno Hatta Cengkareng atau ke Halim Perdanakusuma yang bisa menempuh waktu sekitar empat jam,” ujarnya, Rabu (19/6/2019)

“Terlebih nanti kata Hery, jika tol Cisumdawu sudah beroperasi menuju BIJB itu hanya sekitar 45 menit,” lanjutnya.

Lalu, cakupan penumpang bukan hanya warga Jawa Barat saja namun warga Jawa Tengah, seperti Brebes, Tegal, Cilacap dan Banyumas.

“Beberapa kota lain di Jawa Tengah itu biasa terbang dari Semarang atau Yogyakarta sekarang nanti ke BIJB,” ucap dia.

Loading...

loading...

Feeds

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …

46 Warga Kampung Jati Dievakuasi

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI – Aktivitas bencana pergerakan tanah yang memprakporandakan tiga perkampungan penduduk di wilayah Desa Mekarsari, Kecamatan Nyalindung, kian meluas …

Korban Banjir Terjangkit Ragam Penyakit

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Banjir yang sempat melanda wilayah utara (Pantura), Subang menimbulkan dampak penyakit bagi warga, yakni penyakit gatal pada …

Bakti Sosial Dosen untuk Masyarakat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Sepuluh dosen Program Studi Pendidikan Guru (PG) PAUD IKIP Siliwangi Bandung melaksanakan kegiatan Pengabdian Pada Masyarakat (PPM) …