Ketahui Bahaya Air Sirih untuk Mengobati Mata

POJOKBANDUNG.com – Sirih memang tanaman yang tidak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Daun ini sering dimanfaatkan sebagai obat tradisional. Memiliki nama ilmiah Piper betle, sirih yang tumbuh merambat tergolong sebagai tanaman yang mengandung banyak air. Lalu amankah bila air sirih digunakan untuk membersihkan mata?


Sekitar 85-90 persen daun sirih terdiri dari air. Karena itulah daun sirih juga rendah kalori dan rendah lemak. Setiap 100 gram daun sirih terkandung 44 kalori dan 0,4-1 persen lemak.

Di Indonesia, ada tradisi untuk menguyah daun sirih bersama gambir, pinang, tembakau, dan kapur. Mereka percaya bahwa mengunyah daun sirih bermanfaat untuk gigi yang kuat.

Selanjutnya, daun sirih juga dipercaya mengandung antiseptik pencegah gigi berlubang. Hanya saja, kebiasaan tersebut sering kali dikaitkan dengan kanker mulut dan pengerutan gusi atau periodentitis yang dapat membuat gigi tanggal.

Kandungan dan manfaat daun sirih

Selain identik dengan tradisi, daun sirih juga memiliki berbagai kandungan zat seperti minyak atsiri, karoren, asam nikotinat, riboflavin, dan tiamin. Selain itu, masih ada vitamin C, tannin, asam amino, pati, diatase, gula, zat samak, dan kavikol.

Kandungan-kandungan ini bermanfaat bagi kesehatan, yaitu:

  • Mematikan kuman
  • Menghilangkan bau badan
  • Meredakan nyeri
  • Menahan perdarahan
  • Membantu menyembuhkan luka pada kulit
  • Mengatasi gangguan pencernaan
  • Meningkatkan nafsu makan
  • Menjaga kesehatan rongga mulut
  • Membantu mengeluarkan dahak
  • Mengatasi gangguan pernapasan.

Karena begitu banyak manfaat yang bisa didapat dari daun sirih, khususnya untuk mengatasi infeksi, banyak pemahaman yang beredar di masyarakat. Salah satunya mengatakan bahwa air rebusan daun sirih bisa digunakan untuk mengatasi berbagai sakit mata, seperti mata merah atau gatal pada mata.

Namun, berdasarkan pendapat para ahli, penggunaan air rebusan daun sirih sangat tidak disarankan untuk mengatasi sakit mata. Tindakan ini dapat meningkatkan risiko terjadinya infeksi pada mata atau bahkan memperberat kondisi mata.

Air sirih untuk obati mata?

Air sirih yang biasa digunakan berasal dari beberapa helai daun sirih yang direbus dengan air. Hasil rebusan akan menghasilkan ekstrak daun sirih berwarna kuning kehijauan dan bersifat asam.

Semakin banyak daun yang direbus, air rebusan daun sirih akan lebih pekat dan tingkat keasaman semakin bertambah. Tingkat keasaman atau pH yang dihasilkan tidak sesuai dengan pH normal yang terdapat di permukaan mata.

Hal ini dapat menimbulkan reaksi perubahan tingkat keasaman pada permukaan mata, terutama pada lapisan epitel kornea dan konjungtiva. Kondisi ini bisa berujung pada kerusakan permukaan mata. Misalnya, luka pada kornea atau disebut ulkus kornea. Ketika terjadi kerusakan pada permukaan mata, risiko infeksi mata juga akan meningkat.

Selain itu, daun sirih tidak bersifat steril. Di permukaan daun sirih juga terdapat mikroorganisme yang dapat menimbulkan infeksi mata. Jamur merupakan jenis mikroorganisme yang sangat sering dijumpai pada dedaunan.

Ketika terdapat kerusakan pada permukaan mata dan terdapat mikroorganisme, akan terbentuk lingkungan yang memiliki risiko tinggi terjadinya infeksi, khususnya pada permukaan kornea. Kondisi ini akan menimbulkan penyakit keratitis jamur yang jika terlambat ditangani dan tidak diterapi dengan tepat dapat mengakibatkan kebutaan.

Ketika mengalami sakit mata, hindari penggunaan air sirih untuk mengobatinya. Ingat, mata Anda adalah salah satu organ yang sangat sensitif. Karena itu, pengobatan dan terapi yang diberikan sebaiknya telah melalui pemeriksaan oleh dokter spesialis mata. Pengobatan yang sembarangan hanya akan menyebabkan sakit mata Anda semakin parah.

(HNS/ RVS/klikdokter)

Loading...

loading...

Feeds

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Jonggol Jadi Jalur Pengiriman Motor Curian

POJOKBANDUNG.com, BOGOR – Wilayah Jonggol menjadi jalur pengiriman hasil pencurian kendaraan bermotor sindikat Cianjur yang diamankan Polres Bogor. Tak jarang, …

KKI 2021 Dongkrak Pemulihan Ekonomi Jabar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Bank Indonesia Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat bersama Dekranasda Jawa Barat serta stakeholder terkait …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Kol. Tek Videon Nugroho Yakinkan Sinovac Aman

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Didampingi oleh para Kepala Dinas, Komandan Wing Pendidikan Teknik Kolonel Tek Videon Nugroho, mengikuti Vaksinasi Covid-19 tahap …

Kodam Cendrawasih Siap Dukung PON XX Papua

POJOKBANDUNG.com, JAYAPURA – Dalam rangka meminta dukungan dari Kodam XVII/Cenderawasih, Ketua Umum KONI Jawa Barat, Ahmad Saefudin bersama rombongan melaksanakan …