Getaran Terasa Hingga Bandung, Ini Penyebab Gempa M 5,5 di Cilacap

Ilustrasi gempa

Ilustrasi gempa

POJOKBANDUNG.com – Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memuktahirkan kekuatan gempa bumi di Cilacap, Jawa Tengah, menjadi magnitudo 5,5, gempa berlokasi di laut, arah selatan Kota Cilacap.

“Gempa bumi selatan di Jawa-Bali-Nusa Tenggara ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, tampak bahwa gempa bumi berkedalaman menengah ini diakibatkan oleh aktivitas subduksi Lempeng Indo-Australia yang menyusup ke bawah Lempang Eurasia. Hasil analisis mekanisme sumber menunjukkan bahwa gempa bumi ini dibangkitkan oleh deformasi batuan dengan mekanisme pergerakan jenis sesar naik (thrust fault),” ujar Kepala Pusat Gempa Bumi dan Tsunami BMKG Ramhat Triyono dalam keterangan tertulis, Minggu (9/6/2019).

Guncangan gempa bumi dilaporkan terasa di Pangandaran, Cilacap, ciamis, Kebumen dalam skala intensitas III MMI. Sedangkan di Bandung, guncangan gempa terasa dalam skala intensitas II MMI.

“Hingga saat ini belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa bumi tersebut. Hasil pemodelan menunjukkan bahwa gempa bumi tidak berpotensi tsunami,” sambungnya.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

ruhimat

Ruhimat Tantang Bukti Jual Beli Jabatan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H.Ruhimat mengatakan, pelantikan dan rotasi jabatan sebagai penyempurnaan serta penyemangat baru. “Pelantikan ini sebagai penyegaran …