Polisi Pastikan STNK dan Nopol Fortuner Viral Milik Kevin Asli

POJOKBANDUNG.com – Kepala Biro Penerangan Masyarakat (Karopenmas) Mabes Polri Brigjen Pol Dedi Prasetyo memastikan, Surat Tanda Nomor Kendaraan Dinas (STNKD) dan plat nomor Toyota Fortuner milik pelajar Kevin Kosasih asli.


Mobil dengan nomor polisi 3553-07 itu mendadak viral setelah ditangkap polisi lantaran ugal-ugalan di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat beberapa waktu lalu.

“STNK dan pelat nomornya tidak palsu, itu asli. Jadi kalau anggota dewan memakai plat dinas itu dari polri, begitu juga menteri menggunakan plat dinas itu dari polri,” ujar Dedi di Mabes Polri Jakarta Selatan, Selasa (4/6).

“Peruntukannya untuk pengawalan VVIP tetapi disalahgunakan, bukan untuk pengawalan VIP lagi,” imbuhnya.

Adanya kejadian ini membuat Staf Logistik (Slog) Polri akan menertibkan penggunaan STNKD. Supaya hal semacam ini tidak kembali terulang.

Para Aslog sekarang sedang berupaya untuk menertibkan Peraturan Kapolri tentang tata cara penerbitan plat nomor dan STNK dinas,” jelas Dedi.

Di sisi lain, mantan Wakapolda Kalimantan Tengah itu memastikan pelaku telah ditindak dengan pelanggaran undang-undang lalu lintas. Namun, tidak ada penjeratan dengan pasal pidana. Karena tidak adanya pasal terkait penyalahgunaan STNKD.

“Kalau penyalahgunaan tidak ada pasal pidananya, yang dilanggar hanya pasal lalu lintas saja itu. Jadi mau apa lagi, kan sudah ditilang, sudah disita STNK dan BPKB-nya,” pungkas Dedi.

Sebelumnya diketahui, Viral sebuah video yang menunjukan mobil hitam berplat nomor dinas kepolisian 3553-07 ugal-ugalan di jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, Sabtu (1/6).

Mobil tersebut nampak mengawal 3 mobil lainnya lengkap dengan rotator dan strobo khas seperti mobil dinas kepolisian kemudian memaksa membelah contraflow di jalur tersebut. Setelah ditelisik pengemudi kendaraan tersebut adalah Kevin Kosasih. Anak muda berusia 24 tahun, yang masih berstatus pelajar.

Petugas yang mendapat laporan dari warga, berusaha menghentikan mobil tersebut. Namun, iringan-iringan itu terlihat mencoba melarikan diri, sebelum akhirnya petugas bisa menghentikan di wilayah Cisarua, Bogor, Jawa Barat.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …