One Way Jalur Mudik, Begini Cara Pertamina Penuhi Pasokan BBM

Pertamina MOR III siapkan fasilitas tambahan penyediaan BBM di lajur kiri maupun kanan untuk 
memudahkan pemudik.

Pertamina MOR III siapkan fasilitas tambahan penyediaan BBM di lajur kiri maupun kanan untuk memudahkan pemudik.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemberlakuan jalur satu arah selama arus mudik Lebaran 2019, hari ini dimulai dari jalan tol Cikampek di KM 70 sampai dengan Brebes di KM 263. Pemberlakuan hari pertama ini, sekaligus uji coba yang diterapkan mulai pukul 08.00 WIB.

Dengan satu jalur tersebut, PT Pertamina (Persero) Marketing Operation Region (MOR) III telah mengantisipasi ketersediaan BBM baik di sisi kiri maupun kanan jalan tol.

Sebelumnya Pertamina MOR III telah menambah pasokan gasoline seiring dengan peningkatan kebutuhan akan produk gasoline yang naik 10 persen selama masa Satgas Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini. Sedangkan untuk produk gasoil mengalami penurunan permintaan sebanyak 9 persen.

“Pertamina MOR III telah menyiapkan sejumlah fasilitas tambahan untuk penyediaan BBM di lajur kiri maupun kanan, untuk memudahkan pemudik,” ujar Unit Manager Communication Relations dan CSR Pertamina MOR III, Dewi Sri Utami, Kamis (30/5/2019).

Kata Dewi, selain SPBU reguler yang sudah ada sejumlah outlet BBM seperti Kios Pertamina Siaga, berada di delapan titik yakni jalur kiri, Rest Area KM 86A, KM 102 A, KM 130A dan KM 207. Kemudian, jalur kanan, Parking Bay KM 71 B, Rest Area KM 86 B, km 130B dan KM 208B.

“Di kios itu juga sudah disiagakan Motor Kemasan Pertamina Siaga,” ujar Dewi.

Selain itu, sambung Dewi, ada SPBU Modular, yakni SPBU Mini portabel, yang disiagakan disejumlah ruas yakni
jalur kiri, Rest Area KM 86A, KM 130A dan KM 207A. Kemudian di alur kanan ada di Rest Area KM 86B, KM 130B.

“SPBU Modular dan Mobile Storage telah berada di sejumlah titik jalur One Way,” terangnya.

Dewi menambahkan, ada juga Mobile Storage atau SPBU kantong, yaitu mobil tangki pengangkut BBM yang disiagakan langsung di SPBU untuk mengantisipasi kemacetan. Untuk tol Cipali akan ada disiagakan 7 Mobile Storage di SPBU yang berada di jalur tersebut, untuk mengamankan suplai BBM.

Dewi menuturkan, Rumah Pertamina Siaga (RPS) yakni tempat Pertamina melayani seluruh anggota keluarga yang telah menjalankan perjalanan jauh. RPS dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti alat pijat, tempat shalat, taman bermain anak, ruang menyusui, hingga tempat pengisian baterai (charging station).

“Rumah Pertamina Siaga dapat ditemui di Rest Area KM 102 A dan Rest Area KM 228,” tuturnya.

Sementara itu untuk mengantisipasi kelancaran pasokan BBM apabila terjadi kepadatan lalu lintas saat One Way diberlakukan. Pertamina berkoordinasi dengan aparat kepolisian setempat yang akan mengawal mobil tangki BBM masuk melalui pintu keluar, dan menggunakan jalur contraflow.

“Kami menghimbau masyarakat untuk memenuhi tangki BBM (fulltank) kendaraannya sejak berangkat. Apabila menemukan SPBU, pemudik juga bisa memenuhi lagi tangki BBM-nya,” pungkasnya.

(arh)

Loading...

loading...

Feeds

silat

1.200 Atlet Pencak Silat Siap Berlaga

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 1.200 atlet silat dari berbagai perguruan pencak silat dari berbagai provinsi dipastikan akan mengikuti ‘Pencak Silat …
perdamaian

MWA Unpad Belum Ajukan Perdamaian

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Tim Pengacara calon rektor (carek) Unpad, Prof Atip Latipulhayat, mengakui belum mendapat ajakan perdamaian secara serius dari Majelis …

Meriah, Kompetisi Make Up QL Cosmetic

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG-Puluhan makeup artist pemula (MUA), profesional dan kalangan umum memeriahkan gelaran kompetisi makeup yang digagas produsen kosmetik terkenal QL …