Optimalkan Zakat Melalui BAZNAS, Bupati Aa Umbara Terbitkan Surat Edaran

Ilustrasi

Ilustrasi

POJOKBANDUNG.com, CILILIN – Zakat adalah rukun Islam ketiga dan merupakan ibadah yang memiliki posisi sangat strategis baik dari aspek keagamaan, sosial, ekonomi dan kesejahteraan masyarakat.

Demikian diungkapkan Ustad Thoyar Ketua UPZ Kec. Cililin disela-sela acara Safari Ramadhan Bupati Bandung Barat di Alun-alun Cililin, Selasa (20/5/2019).

Hilman mengatakan, dalam sejarah Islam, pengelolaan zakat sepenuhnya dilaksanakan oleh pemerintah yang memiliki kekuasaan untuk menarik zakat dari tangan para muzakki.

“Dana tersebut didistribusikan kepada para mustahik diseluruh wilayah-wilayah negeri tanpa kecuali, dan menjadi bagian dari instrumen penting dalam ketatanegaraan,” ujarnya.

Namun, kata dia, kondisi hari ini pengelolaan zakat di negara kita ditangani oleh Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS), yang tata kelolanya mengacu pada UU. No 23 Thn 2011 yang kemudian diperjelas dengan Peraturan Pemerintah No 14 Tahun 2014.

“Kiprah BAZNAS Kabupaten Bandung Barat, alhamdulillah sudah banyak dirasakan oleh masyarakat,” katanya.

Pada setiap acara safari ramadan Bupati memberikan bantuan kepada anggota masyarakat tidak mampu, yang bersumber dari iuran para SKPD dan santunan yatim du’afa yang berasal dari Dana Zakat BAZNAS Kabupaten Bandung Barat.

Ketua BAZNAS KBB Hilman Farid berharap kedepannya pengumpulan zakat di Kab. Bandung Barat dibawah kepemimpinan Bupati Aa Umbara lebih meningkat lagi dan dapat menjadi Dana tambahan diluar APBD untuk membantu masyarakat miskin dan asnaf-asnaf lainnya.

“Apalagi sekarang sudah keluar Surat Edaran Bupati tentang Optimalisasi Pengumpulan Zakat, Infaq dan Sedekah di Bandung Barat dengan Nomor Surat: 400/1188/Kersa,” pungkasnya.

(ymi)

loading...

Feeds

KPK Kembali Tetapkan RY Sebagai Tersangka

Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali menetapkan mantan Bupati Bogor Rachmat Yasin (RY) sebagai tersangka. Padahal, mantan Bupati Bogor ini baru …
hiv

Pemda Dituntut Tingkatkan Pengawasan HIV/AIDS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG  – Untuk mengefektifkan pencegahan dan penanggulangan HIV-AIDS, tidak bisa dilakukan oleh pihak terkait atau yang ahli dibidangnya saja. …