​Akui Pemilu 2019 Berat, Golkar Keluar dari Keterpurukan

Bandung – Partai Golkar gagal merealisasikan target raihan kursi DPR yang dicanangkan dalam Pemilu 2019. Namun, mereka mengklaim lolos dari keterpurukan di tengah masalah internal dan persoalan hukum para elit.

Partai berlambang pohon beringin ini menargetkan meraih 100 kursi di DPR RI. Namun, berdasarkan hasil pleno KPU, Golkar meraih 85 kursi dan berada di posisi kedua setelah PDI-P den​​gan 128 kursi di DPR. Lalu posisi ketiga didapat Partai Gerindra dengan 78 kursi.

Ketua DPD Golkar Jawa Barat, Dedi Mulyadi menyatakan, meski perolehan kursi tak sesuai target, pencapaian tersebut patut diapresiasi karena partainya tidak masuk dalam kategori yang raihan suaranya 10 persen.

Apalagi, Golkar ia katakan dalam periode mengalami guncangan. Seperti isu pengurus internal terbelah dua hingga masalah hukum yang menimpa ketua umum sebelumnya, Setya Novanto dan dialami sejumlah elite Partai Golkar.

“Pemilu tahun ini berat. Pilpres tidak memberi efek elektoral pada Golkar. Namun cara-cara ketua umum dalam menyelamatkan Golkar sudah berhasil,” katanya saat dihubungi, Rabu (22/5/2019).

Dedi mengakui bahwa Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto menjadi faktor penentu dalam menyelamatkan partai berlambang pohon beringin ini dari risiko keterpurukan.

Strategi Airlangga dianggap efektif sehingga mampu mempertahankan posisi Golkar di urutan kedua peraihan kursi DPR. Airlangga mampu melakukan konsolidasi dengan baik terhadap kader Golkar mulai dari pusat hingga daerah meningkatkan elektabilitas.

“Pak Airlangga Hartato menyelamatkan Golkar dari risiko keterpurukan. Bahwa pemilu saat ini sebenarnya yang menarik adalah Golkar berada di posisi kedua walaupun tak sesuai target 100 kursi. Tapi fakta yang terjadi, pencapaian itu sudah menyelamatkan Golar dari risiko terpuruk,” katanya. (Azs)

loading...

Feeds

rs

Dewan Sorot Kekosongan Pimpinan Enam RS

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Dewan Perwakilan Rakyar Daerah (DPRD) Provinsi Jawa Barat bakal mengagendakan pertemuan dengan Pemeritah Provinsi Jawa Barat, terutama …
regulasi

Regulasi Rumit Ganggu Harga Pangan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Peneliti Center for Indonesian Policy Studies (CIPS), Galuh Octania mengingatkan pemerintah terkait harga pangan. Menurutnya, bahwa regulasi …

Kemendikbud Siapkan Rotasi Guru

Pendekatan zonasi tidak hanya diterapkan dalam penerimaan peserta didik baru (PPDB). Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) menyatakan bahwa pendekatan serupa …