UPI Bandung Didaulat Jadi Kampus Tertib Lalu Lintas oleh Polda Jabar

DEKLARASI: Sejumlah civitas akademia UPI Bandung deklarasikan komitmen tertib lalu lintas di Taman Bareti, Kampus UPI, Jalan DR Setiabudi, Kota Bandung, Senin (20/5/2019). (foto: ASEP RAHMAT/ RADAR BANDUNG)

DEKLARASI: Sejumlah civitas akademia UPI Bandung deklarasikan komitmen tertib lalu lintas di Taman Bareti, Kampus UPI, Jalan DR Setiabudi, Kota Bandung, Senin (20/5/2019). (foto: ASEP RAHMAT/ RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung didaulat menjadi kampus tertib lalu lintas oleh Kepolisian Daerah (Polda) Jawa Barat. Pencanangan itu dilakukan di Taman Bareti, Kampus UPI, Jalan DR Setiabudi, Kota Bandung, Senin (20/5/2019).

Kapolda Jawa Barat, Irjen Pol Rudy Sufahriadi melalui Dirlantas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Mohamad Aris menjelaskan, kampus tertib lalu lintas adalah program Polri. Menurutnya, UPI dinilai telah berhasil dalam menerapkan kampus yang nyaman dan aman untuk pengendara.

“Jadi contoh juga bagi kampus lain untuk menerapkan program serupa. Selain menjadikan kampus terstruktur dan aman serta nyaman, juga menanamkan budaya tertib lalu lintas bagi seluruh civitas akademika dimanapun,” ucap Aris.

Kata Aris, Polda Jabar menyambut baik tindakan nyata UPI Bandung dalam rangka menjaga keamanan dan kenyaman lalu lintas di area kampus. Bukti itu dilihat dari nilai-nilai kepatuhan seperti penataan area parkir kampus, menyediakan angkutan khusus, menerapkan rambu lalu lintas, menata trotoar dan menerapkan sistem parkir yang baik yakni arah muka kendaraan menghadap ke ruas jalan.

“Ini menjadi titik awal menuju kebaikan. Semoga budaya tertib lalu lintas ini bisa menekan angka kecelakaan,” tuturnya.

Aris berpesan, budaya kampus tertib lalu lintas ini kedepannya harus bisa di jaga dan dirawat serta menjadi contoh yang baik untuk tingkat nasional atau internasional.

Dalam kesempatan yang sama, Rektor UPI, Asep Kadarohman mengatakan, menjadikan kampus tertib lalu lintas butuh waktu yang panjang. Dengan komitment dan kesadaran, seluruh civitas akademika secara perlahan belajar tertib berlalu lintas di area kampus.

“Kurang lebih enam tahun kami menerapkan budaya tertib lalu lintas ini,” jelas Asep.

Menurutnya, dalam kurun waktu tersebut kesadaran seluruh civitas akademika terhadap lalu lintas terus mengalami perkembangan. Bahkan, saat ini sudah meningkat kesadarannya dimana semula hanya pengingatan, pembiasaan dan sekarang sudah tahap kesadaran.

“Kesadaran tertib lalu lintas ini sudah tertanam dan akan menjadi budaya di kampus (UPI). Semoga seluruh civitas akademika bisa memberi dampak positif untuk masyarakat luas agar tertib lalu lintas dimana mereka beraktivitas,” tutup Asep.

Loading...

loading...

Feeds

Google Hapus 85 Aplikasi di Play Store

Berdasarkan laporan peneliti di Trend Micro, Google menghapus 85 aplikasi dari Google Play Store. Pasalnya, aplikasi diketahui mengandung adware yang dapat …
blok

Rutilahu Sambangi Blok Dukuh Subang

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H.Ruhimat kembali merobohkan rumah warga untuk dilakukan perbaikan. Kali ini bersama warga dusun dua Blok …
rsud

Gegara BPJS RSUD Cibabat Jadi Punya Utang

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Buntut tunggakan BPJS Kesehatan kepada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Cibabat berhujung utang. Saat ini, untuk memenuhi …
dlh

Hanya 60 Perusahaan yang Nurut

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung Barat melakukan inovasi dengan meluncurkan aplikasi pelaporan dokumen lingkungan berbasis digital. …