Layanan Sama Saja, Toto Pilih Pakai JKN-KIS daripada Jadi Pasien Umum

Toto Sucasto

Toto Sucasto

POJOKBANDUNG.com, SOREANG – Keberadaan Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) tak hanya dirasakan oleh masyarat lapisan bawah saja. Sebagai Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Bandung, Toto Sucasto juga pernah memanfaatkan kartu JKN-KIS miliknya untuk berobat. Pada saat itu Toto hendak memeriksakan kondisi badannya ke rumah sakit karena sudah seminggu dia terasa sakit di bagian dadanya.


“Di rumah sakit ketika melakukan pendaftaran, saya ditanya oleh pihak rumah sakit apakah akan berobat pakai JKN-KIS atau pakai umum. Saya sempat tanya kembali memang pelayanan yang diberikan pakai BPJS Kesehatan sama dengan bayar umum atau dibedakan? Lalu petugas itu menjawab sama saja, pihak rumah sakit tidak akan membeda-bedakan pelayanannya,” cerita Toto, Rabu (9/5).

Akhirnya Toto pun memutuskan menggunakan kartu JKN-KIS yang ia miliki sejak beberapa tahun yang lalu. Toto juga mengatakan selama ini asumsi masyarakat terhadap BPJS Kesehatan bahwa pelayanan kesehatan terhadap pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan dipandang sebelah mata. Hal itu pun disanggahnya dengan tegas.

“Toh pelayanannya sama. Kenapa harus pakai umum. Saya sendiri yang merasakan manfaat JKN-KIS. Yang penting ikuti prosedurnya, sabar dan Alhamdulillah saya dilayani dengan baik. Mungkin waktu itu kalau saya pakai umum, sudah habis berapa juta untuk berobat. Untungnya saya pakai JKN-KIS,” tambah Kajari yang sudah menjabat lebih dari 2 tahun ini.

Toto pun mengaku tak masalah jika harus menjalani prosedur rujukan berjenjang. Justru menurutnya, rujukan berjenjang bisa memangkas antrian di rumah sakit jika dilakukan secara efektif.

“Saya diarahkan untuk dapat rujukan terlebih dahulu di Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), diperiksa dulu di sana. Jadi betul-betul tahu kondisi saya, apakah memang harus mendapat perawatan di rumah sakit atau cukup di FKTP saja. Kalau sudah bisa ditangani di FKTP, kenapa harus ke rumah sakit? Malah lebih cepat pelayanannya di FKTP,” kata Toto.

Ia pun mengimbau masyarakat untuk giat mencari informasi tentang JKN-KIS, sehingga jika sewaktu-waktu jatuh sakit atau membutuhkan pelayanan kesehatan, sudah paham apa saja prosedur yang harus dijalani.

“Satu lagi, jangan cuma ingat JKN-KIS kalau lagi sakit. Harus rajin bayar iuran, apalagi kalau kita sehat. Niatkan untuk beribadah menolong yang lain. Baru ketika kita sakit, gunakan JKN-KIS sesuai prosedur,” kata Toto mengingatkan.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Ajak Masyarakat Pelihara Budaya Sunda

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna mendukung penuh program “Saur Sepuh” yang diinisiasi oleh PGRI Kota …

Kerugian Bencana Capai Rp816 Juta

POJOKBANDUNG.com, SUKABUMI — Selama Januari hingga Februari 2021, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Sukabumi, mencatat terdapat 23 kejadian bencana. …

Angin Kencang, Pohon Timpa Mobil

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebuah mobil tertimpa pohon tumbang di Jalan Raya Cijambe, Subang. Akibatnya bodi kendaraan pun ringsek. Peristiwa yang …

Dorong Bupati Rampingkan SOTK

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Susunan Organisasi dan Tata Kerja (SOTK) Pemkab Subang dinilai terlalu gamuk sehingga pembuatan perencanaan dan penyusunan anggaran …

Bakal Punya Wadah Industri Kreatif

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Wakil Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan bertekad mewujudkan industri kreatif milenial. Gagasan itu rupanya tak main-main. Upaya …