Jangan Ingat JKN-KIS Saat Sakit Saja

Siti Komariah (51)

Siti Komariah (51)

POJOKBANDUNG.com, MARGAHAYU – Siang itu wartawan mengunjungi salah satu peserta JKN-KIS di kediamannya di Kecamatan Margahayu Kabupaten Bandung. Nampak seorang ibu berbusana mukena seraya habis menunaikan ibadah salat Dzuhur, lalu membukakan pintu rumahnya. Siti Komariah (51) namanya, Ibu dua anak ini merupakan peserta mandiri kelas 2 yang sudah lama terdaftar, tepatnya sejak 4 September 2014.


“Yang namanya penyakit atau musibah itu tidak akan bisa diprediksi kapan datangnya menyerang kita, walaupun sudah berusaha menjaga kesehatan tapi kita tidak akan bisa menolaknya. Ketika kita sakit, misalnya dalam kondisi tidak punya uang buat biaya berobat, kita bisa apa? Jangan sampai nanti harus jual harta dan barang kita, memaksakan seperti itu. Bagi saya mah lebih baik memaksakan untuk selalu bayar iuran JKN-KIS tepat waktu, tiap bulannya kan murah sekali daripada harus menjual barang atau harta kita kalau pakai umum,” cerita Siti Komariah, Kamis (9/5).

Sampai pada saat ini memang Siti jarang sekali menggunakan JKN-KIS ketika sakit. Meski demikian, ia tidak pernah merasa rugi akan iuran yang dibayarkan tiap bulannya untuk memenuhi kewajibannya sebagai peserta JKN-KIS.

“Alhamdulillah saya bersyukur diberikan sehat, karena sehat itu rezeki juga. Kita diberikan rezeki sama Allah dalam bentuk sehat, nah kita juga harus menyisihkan rezeki buat bantu orang lain yang sakit melalui iuran yang saya bayarkan tiap bulannya. Jadi hitung-hitung sedekah,” tambah Siti.

Walaupun jarang sekali sakit, tapi Siti juga pernah mengalami ketika sakit lambung. Waktu itu Siti merasakan sakit di bagian perutnya sampai ia harus dibawa ke IGD Rumah Sakit Santosa Kopo. Selama menggunakan JKN-KIS, ia merasa puas dengan pelayanannya yang sigap. Yang lebih penting lagi, Siti sama sekali tidak mengeluarkan biaya. Padahal waktu itu dia sempat dirawat inap selama 2 hari di Rumah Sakit Santosa Kopo.

“Alhamdulillah hasil iuran yang saya bayarkan tiap bulan, ternyata saya merasakan manfaatnya bahwa ketika sakit datang secara mendadak disitulah peran JKN-KIS menolong. Mudah-mudahan program ini bisa terus ada,” tutup Siti.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Penerima Vaksinasi Masih Fleksibel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ketentuan siapa yang bisa menerima vaksin Covid-19, masih fleksibel. Pasalnya, belum ada hasil penelitian yang valid mengenai …

2.280 File Vaksin Sinovac Tiba

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Sebanyak 2.280 file vaksin telah tiba di Gudang Dinas Kesehatan Kabupaten Subang, Kamis (25/2/2021). Vaksin Sinovac kiriman …

Pemkab Siapkan 1.000 Hektar Lahan

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang, H. Ruhimat menerima kunjungan kerja anggota DPR RI Komisi IV Dr. H Sutrisno, terkait program …

BRT Tidak Akan Ganggu Trayek Angkot

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pengembangan angkutan massal berbasis jalan atau bus rapid transit (BRT) yang melintasi Kota Cimahi sudah memasuki tahap …