Bupati: Peringatan HUT KBB Dipusatkan di Wilayah Selatan

MENINJAU: Bupati Aa Umbara Bersama Jajaran SKPD Saat Meninjau Buper milik Indonesia Power Saguling (IPS) di Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor. FOTO: IST

MENINJAU: Bupati Aa Umbara Bersama Jajaran SKPD Saat Meninjau Buper milik Indonesia Power Saguling (IPS) di Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor. FOTO: IST

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Peringatan Hari Jadi Kabupaten Bandung Barat ke-12 pada 19 Juni 2019 mendatang diputuskan akan mengambil tempat di wilayah selatan tepatnya di sekitar Bumi Perkemahan (Buper) milik Indonesia Power Saguling (IPS) di Desa Baranangsiang Kecamatan Cipongkor.

Demikian diungkapkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna usai menerima kunjungan dari Manajemen PT Indonesia Power (IP) di Ruang Rapat Bupati di Ngamprah, Kamis (9/5/2019).

Menurut orang nomor satu di Bandung Barat ini, dengan dilaksanakannya peringatan Hari Jadi di wilayah selatan, maka akan langsung dirasakan oleh seluruh masyarakat lainnya seperti dari Kecamatan Rongga, Gununghalu, Cipongkor, Sindangkerta dan Cililin.

“Warga di selatan bisa datang ke lokasi acara karena akan diramaikan juga dengan sejumlah kegiatan dan hiburan seperti pentas musik, wayang golek hingga gelar produk,” ungkapnya.

Selama ini, lanjut dia, Hari Jadi selalu digelar di komplek Perkantoran KBB saja, sehingga terkesan hanya dinikmati oleh birokrat saja. Sementara warga wilayah selatan seperti nyaris tidak diberi kesempatan ikut menikmati hari lahirnya daerah pemekaran dari Kabupaten Bandung tersebut

Menurut Umbara, dengan di pusatkannya kegiatan di wilayah selatan sebagai wujud kepedulian pemerintah daerah terhadap masyarakat sekaligus dalam upaya pengembangan potensi wisata. Peringatan Hari Jadi tahun ini juga merupakan awal pencanangan pengembangan 10 potensi wisata di wilayah selatan.

“Artinya bukan hanya seremonial saja. Tapi sekaligus sebagai awal pengembangan potensi wisata di wilayah selatan agar bisa berkembang dan menghasilkan pendapatan asli daerah,” tandasnya.

Umbara memastikan, potensi di wilayah selatan harus dibedah dan ditargetkan bisa direalisasikan mulai tahun 2020. Sebagai sarana penunjangnya, Pemkab Bandung Barat akan memperbaiki dan membuat ruas jalan baru serta memperlebar jalan.

“Kami pasangan AKUR sangat serius agar potensi di selatan bisa dikembangkan salah satunya membangun akses jalan.Yang ujungnya untuk meningkatkan kesejahteraan dan mengangkat ekonomi masyarakat juga,” ungkapnya.

Bukti keseriusan Pemkab untuk membenahi wilayah selatan yakni dengan menggelontorkannya porsi anggaran infrastruktur lebih besar serta pemasangan Penerangan Jalan Umum (PJU).

Menurut Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Bandung Barat, Anugrah,
sebanyak 40 persen dari anggaran infrastruktur jalan yang mencapai Rp 180 miliar tahun ini, akan difokuskan bagi wilayah selatan yang memiliki panjang jalan mencapai 100 kilometer.

Anugrah menyebutkan, infrastruktur wilayah selatan menjadi prioritas di tahun ini tanpa meninggalkan perbaikan jalan di wilayah utara dan barat. Hal itu sesuai instruksi Bupati Bandung barat Aa Umbara Sutisna agar perbaikan di wilayah selatan bisa dipercepat.

“Bandung Barat memiliki tiga wilayah mulai dari selatan, barat dan utara. Tahun ini selatan jadi prioritas. Tapi di utara dan barat juga tahun ini banyak perbaikan,” ujarnya.

Tak hanya PUPR, Dinas Perhubungan juga memastikan tahun ini akan dilakukan pemasangan 200 titik PJU dari bantuan program CSR (corporate social responsibility) perusahaan multinasional yang difokuskan di 40 desa dan 5 kecamatan khusus wilayah selatan.

“Lokasinya khusus di jalan desa seperti pusat keramaian warga seperti di sekitar pesantren, masjid dan lainnya. Bantuan CSR ini totalnya mencapai 1.000 PJU. Namun setiap tahun akan dipasang secara bertahap sebanyak 200 PJU,” kata Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Ade Komarudin belum lama ini.

(bie)

 

loading...

Feeds

PORPAMNAS Pestanya Tukang Ledeng

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Tukang ledeng se-Indonesia berpesta. Para tukang ledeng ini akan beradu aksi dalam event Pekan Olahraga Perusahaan Air …
ciilin

Perbaiki Alun-Alun Cililin Tahun 2020

POJOKBANDUNG.com, CILILIN – Pemkab Bandung Barat segera merevitalisasi wilayah sekitar Alun-Alun Cililin termasuk Masjid dan kantor Kecamatan Cililin. Bupati Bandung …
cimahi

Harga Cabai di Cimahi Naik 10 Persen

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kemarau panjang yang terjadi di beberapa daerah mulai memengaruhi pasokan komoditas sayuran ke Kota Cimahi sehingga mengalami …
pengembangan

Pangandaran Jadi Nomor Satu Pembangunan Wisata

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil berkomitmen memberi perhatian khusus terhadap pengembangan sektor pariwisata Kabupaten Pangandaran. Salah satunya …
timor

Peledakan Pertama di Timor Leste

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – PT. DAHANA (Persero) melakukan first blasting di project kuari Tibar Bay Port Dili Timor Leste, Jumat (12/7/2019). …