PPP Berang Suara Calegnya Hilang

 MENEJLASKAN: Ketua DPC PPP KBB, Samsul Ma'arif (kanan) didampingi Sekretaris, Muhamad Dartiwa (kiri).
(foto : ILUSTRASI)

MENEJLASKAN: Ketua DPC PPP KBB, Samsul Ma'arif (kanan) didampingi Sekretaris, Muhamad Dartiwa (kiri). (foto : ILUSTRASI)

POJOKBANDUNG.com, PADALARANG – Setelah mengetahui ratusan suara milik caleg dari Partai Persatuan Pembangunan (PPP) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) diketahui hilang saat proses pleno di tingkat KPU, Ketua DPC PPP KBB, Samsul Ma’arif berencana melaporkan dugaan kecurangan pemilu ke Bawaslu hingga Mahkamah Konstitusi (MK).


“Kami memang kehilangan ratusan suara, tapi ratusan itu sangat urgen mengingat caleg kami kalah hanya dengan selisih 75 suara. Makanya kami akan laporkan dugaan kecurangan ini, kenapa suara kami bisa hilang saat pleno di tingkat kabupaten (KPU),” kata Ketua DPC PPP KBB, Samsul Ma’arif didampingi Sekretaris, Muhamad Dartiwa di kantor PPP KBB, kemarin.

Samsul menyebutkan, sampel barang bukti dugaan kecurangan itu ditemukan oleh kadernya di daerah pemilihan (Dapil) I dalam bentuk C1 dan DA1. Partai mengambil langkah hukum dengan melapor ke lembaga terkait supaya persoalan ini jelas, siapa yang telah melakukan kecurangan. Sehingga ketika terbukti, pihaknya minta sanksi dan hukuman tegas diberikan karena praktik kecurangan baik pengurangan ataupun mark up suara telah mencederai demokrasi.

“Kami bukannya sakit hati karena kalah lalu mengorek-ngorek kesalahan, tidak. Tapi ini demi perbaikan penyelenggaraan pemilu ke depan, ketika ada oknum KPPS, PPK, KPU, atau Bawaslu yang bermain maka harus ditindak,” tegasnya.

Dia mendengar laporan saksi partainya di tingkat kabupaten, bahwa hasil penghitungan di tingkat PPK dengan yang diplenokan oleh KPU suara caleg PPP di Dapil I ada penyusutan. Saat ini ditanyakan ke pihak KPU, alasannya bahwa proses penghitungan sudah selesai di tingkat PPK sedangkan KPU hanya merekap. Padahal di kabupaten/kota lain ketika ada ketidaksesuaian data, maka dikroscek ke pihak PPK tidak langsung memvonis tidak bisa.

Sekretaris DPC PPP KBB yang juga tercatat sebagai caleg dari Dapil I, Muhamad Dartiwa mengaku sangat dirugikan dengan hilangnya ratusan suara miliknya. Dia mengaku sudah mengumpulkan bukti-bukti CI yang akan dilampirkan dalam laporan ke Bawaslu KBB dan tembusan ke Bawaslu Jabar. Yang membuatnya heran adalah ada caleg dari partai lain yang suaranya tiba-tiba melejit, padahal dari laporan saksi PPP di lapangan suara mereka tidak terlalu bagus.

“Awalnya suara saya sudah bagus makanya tenang. Saat di pleno KPU baru saya kaget, karena suara saya ada ratusan yang hilang sementara ada suara caleg lain yang melejit dan diduga kuat karena ada mark up suara,” tuturnya.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …