KPU Bantah Rilis Perolehan Kursi Parpol

Ketua KPU Subang, Suryaman memberikan keterangan bahwa pihaknya belum menetapkan perolehan kursi anggota legislatif atau partai politik dalam Pemilu 2019 lalu.
(foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

Ketua KPU Subang, Suryaman memberikan keterangan bahwa pihaknya belum menetapkan perolehan kursi anggota legislatif atau partai politik dalam Pemilu 2019 lalu. (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Subang menyebutkan bahwa pihaknya belum menetapkan perolehan kursi anggota legislatif atau partai politik dalam Pemilu 2019 lalu. Hal tersebut dikatakan oleh Ketua KPU Kabupaten Subang, Suryaman terkait beredarnya di media sosial tetang jumlah perolehan kursi partai politik pada Pemilu di Kabupaten Subang.

“Walaupun secara jumlah hampir sama seperti yang mereka rilis tetapi itu dipastikan bukan data resmi KPU. Dan KPU Kabupaten Subang belum merilis partai A dapat berapa kursi dan partai B berapa kursi,” ujar Suryaman kepada wartawan di Kantor KPU Kabupaten Subang, Senin (6/5/2019).

Suryaman menegaskan, pihaknya baru akan akan merilis perolehan kursi Legislatif tingkat Kabupaten Subang pada 22 Mei mendatang. Terkait sumber data yang beredar di media sosial, kata Suryaman bisa saja mereka mendapatkan informasi awal yang bersumber dari C1 atau pun DA1.

“Kan sebenarnya sebelum perhitungan (rekapitulasi suara) tingkat kabupaten para saksi sudah mendapatkan data perolehan suara dalam bentuk DA1 di tingkat PPK,” jelasnya.

Dia juga menyebutkan tentang perolehan suara Pasangan Presiden dan Wakil Presiden pada Pemilu 2019 di Subang.

Adapun perolehannya untuk pasangan 01 (Joko Widodo – Ma’ruf Amin) mendapatkan suara sebanyak 307.381 suara dan untuk pasangan calon 02 (Prabowo – Sandiaga Uno) memperoleh suara sebanyak 227.946 suara.

“Untuk tingkat partisipasi pemilih di Pilpres maupun dipileg meningkat sebesar 83%. Tentunya,angka ini diluar dugaan (kami) mencapai di atas target kami 77%,” tuturnya.

Kemudian terkait gugatan para caleg, kata Suryaman bisa dilakukan setelah 22 Mei 2019 atau setelah pengumuman perolehan kursi. ” Sedangkan pengajuannya harus melalui Dewan Pimpinan Pusat (DPP) partai politik masing-masing,” pungkasnya.

(anr)

loading...

Feeds

Kritik Rekam Jejak Pansel Capim KPK

Catatan kurang sedap mengiringi perjalanan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Mencuat jejak rekam (track …
SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …

Robert Puas, Persib Pantas Menang

Start apik dicetak Persib Bandung di Liga 1 musim 2019. Maung Bandung menghajar Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, …