Tanggul Jebol Dua Rumah Bilik Roboh

Petugas BPBD Kabupaten Bandung bersama warga membersihkan sisa reruntuhan rumah yang rusak akibat banjir.
IST

Petugas BPBD Kabupaten Bandung bersama warga membersihkan sisa reruntuhan rumah yang rusak akibat banjir. IST

POJOKBANDUNG.com, MAJALAYA – Tak kuat menahan debit air yang tinggi, tanggul Sungai Cisunggalah Kabupaten Bandung jebol. Akibatnya, dua rumah rusak akibat luapan air yang masuk ke pemukiman warga di kampung muara Rt 01/02 desa payadap Kecamatan Majalaya.

Kepala Bidang Penanggulangan Bencana dan Logistik BPBD Kabupaten Bandung Sudrajat meyebutkan, di wilayah Majalaya terjadi hujan yang cukup deras dengan durasi panjang kurang lebih empat sampai lima jam.

“Tanggulnya jebol, sehingga air meluap ke rumah warga. Ada dua rumah yang rusak akibat terjangan air tersebut,”kata Sudrajat kepada Radar Bandung Minggu (5/5/2019).

Kendati begitu, hingga saat ini BPBD belum menghitung jumlah total kerusakan yang diakibatkan luapan anak sungai Cisunggalah terseut. Namun yang sudah dipastikan dua rumah rusak parah.

“Kita sedang assesmen ke lokasi dan perhitungan jumlah kerugian,” ujarnya.

Selain rumah rusak akibat jebolnya tembok penahan air itu, berdampak pada jalan yang terhalang oleh luapan lumpur yang hingga menutupi sejumlah ruas jalan utama Majalaya.

“Saat ini kita butuh skop, untuk membersihkan lumpur di jalan,” ucapnya.

Sementara itu salah seorang warga sekitar Agus (36) mengatakan, saat kejadian air tiba-tiba saja meluap dan terdengar suara mirip ledakan.

“Seketika itu juga air langsung masuk ke pemukiman tidak lama air masuk ke rumah dan jalan raya,” ujarnya.

(ipn/den)

loading...

Feeds

negara

Mahasiswa 14 Negara Belajar ke Cireundeu

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kampung Adat Cireunde kedatangan tamu mancanegara. Para tamu tersebut merupakan peserta Summercourse , Sociopreuner dan Cultural workshop …