Punya Duit Banyak Banget, Raja Thailand Doyan Ganti-Ganti Pasangan

Raja Maha Vajiralongkorn

Raja Maha Vajiralongkorn

POJOKBANDUNG.com –  Sudah bukan rahasia lagi bahwa Raja Maha Vajiralongkorn adalah seorang don juan. Sejak muda, dia suka berganti-ganti pasangan. Penguasa 66 tahun itu bahkan berselingkuh dan mempunyai lima anak di luar nikah. Daya tariknya bisa dibilang bukan fisik yang rupawan, melainkan harta kekayaan. Dia lahir dengan sendok perak di mulut.

Berdasar laporan Business Insider 2018 lalu, Vajiralongkorn adalah raja terkaya di dunia. Harta kekayaan pribadinya diperkirakan mencapai USD 30 miliar atau setara dengan Rp 428,05 triliun. Sebagian besar harta kekayaannya merupakan warisan dari ayahnya, Raja Bhumibol Adulyadej, yang meninggal pada 2016. Harta itu tidak termasuk kekayaan kerajaan.

Sebagian besar harta kekayaan raja diurus Badan Properti Kerajaan. Vajiralongkorn memiliki 6.560 hektare lahan di negeri yang kini resmi dia pimpin. Tanah tersebut disewakan. Total, ada 40 ribu kontrak sewa. Sekitar 17 ribu di antaranya ada di Bangkok. Beberapa di antaranya disewa untuk mendirikan mal. Antara lain, pusat perbelanjaan Siam Paragon, Siam Discovery, dan Siam Centre.

Tak seperti sang ayah yang pasrah pada Badan Properti Kerajaan, Vajiralongkorn lebih memilih menangani sendiri urusan finansialnya. Dulu lembaga itu berada di bawah Kementerian Keuangan. Tetapi, sejak Maret tahun lalu, Vajiralongkorn menunjuk ajudannya, Laksamana Jenderal Penerbangan Satitpong Sukvimol sebagai pemimpin Badan Properti Kerajaan.

Memiliki orang tua kaya raya sejak muda membuat Vajiralongkorn hidup foya-foya. Dia bahkan dijuluki playboy price gara-gara suka bermain wanita. Bahkan, ketika ayahnya terbaring lemah di rumah sakit selama dua tahun, Vajiralongkorn enggan pulang.

Dia lebih memilih tinggal di rumah mewahnya di Jerman dan bersenang-senang. “Itu (tinggal di luar negeri) adalah bentuk menghindari aturan protokoler di Thailand,” ujar peneliti senior urusan politik Asia Tenggara di French Institute of International Relations Sophie Boiddeau du Rocher kepada Reuters.

(sha/c20/ttg)

Loading...

loading...

Feeds

liter

PDAM Fokus di Daerah Kekeringan

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Meski saat ini persediaan air dari Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Air Minum Tirta Raharja Kabupaten Bandung mengalami …