Jelang Bulan Suci Ramadan, Tips Bebas Lemas Saat Puasa

POJOKBANDUNG.com –  Selama sebulan penuh berpuasa, tubuh tentu akan mengalami perubahan metabolisme. Hal ini penting untuk diperhatikan, agar tubuh tetap sehat dan tidak merasa lemas selama menjalani puasa.

Membiasakan dan mempersiapkan diri untuk menjalani puasa adalah keputusan yang sangat tepat. Selain membuat tubuh lebih nyaman, juga akan lebih memudahkan diri dalam menghadapi berbagai tantangan selama menjalani ibadah puasa.

Jika menjalankan puasa dengan fit dan sehat, maka juga akan lebih khusyuk dalam menjalani ibadah ini, bukan? Tak perlu dengan cara yang sulit, berikut tips bebas lemas saat puasa seperti dikutip dari Cermati.com.

1. Persiapkan Diri dengan Menjaga Tubuh Tetap Sehat
Agar tubuh tetap fit selama berpuasa, maka konsumsilah makanan yang sehat dan baik bagi tubuh, dengan nutrisi dan berbagai vitamin lainnya sehingga bisa terpenuhi dengan baik.

Pastikan selalu makan teratur dan tepat waktu, sehingga pencernaan bisa bekerja dengan baik dan maksimal. Cermati juga asupan makanan yang dikonsumsi. Setidaknya, makanan-makanan ini harus memenuhi berbagai kebutuhan nutrisi kita dengan baik, seperti: karbohidrat, protein, vitamin, kalsium, lemak sehat, dan yang lainnya.

2. Lakukan dan Pilih Olahraga serta Waktu yang Tepat
Bagi yang terbiasa melakukan olahraga secara rutin, tentu tidak ingin meninggalkan aktivitas yang satu ini, bukan? Namun untuk tetap menjaga porsi yang seimbang antara olahraga dan juga kemampuan fisik saat berpuasa, maka pastikan mulai melakukan penyesuaian di dalam kegiatan.

Pilihlah jenis olahraga yang tepat, di mana Anda bisa melakukannya di waktu yang tepat dan juga kondisi tubuh yang sesuai pula. Sehingga Anda bisa melakukan olahraga dengan baik, tanpa menganggu aktifitas puasa dan ibadah Ramadan Anda.

3. Mulai Membiasakan Diri untuk Berpuasa
Menjalani puasa selama sebulan penuh tentu akan memberi Anda sejumlah tantangan. Untuk itu, pastikan Anda memiliki persiapan yang baik agar puasa bisa berjalan lancar tidak mengalami kendala yang berarti.

4. Perbanyak Makan Buah serta Sayuran saat Berbuka dan Sahur
Bagi yang suka dan hobi ngemil makanan ringan, maka aktifitas yang satu ini akan menjadi godaan tersendiri. Mulailah menghindari ini dan menggantinya dengan buah-buahan dan sayuran, sebab keduanya kaya serat dan bisa membuat tubuh lebih sehat.

5. Bangun Lebih Awal dan Sempatkan Sahur
Sahur menjadi aktifitas yang penting selama menjalani bulan pusa. Jjadi pastikan Anda selalu bangun untuk sahur. Jika Anda termasuk orang yang sulit bangun dan sahur di saat puasa, pasanglah jam alarm.

6. Biasakan Diri dan Nikmati Puasa dengan Cara yang Tepat
Kesempatan untuk menjalani puasa selama sebulan penuh dengan tubuh fit, tentu akan menyenangkan. Lakukan berbagai tips di atas agar aktifitas ibadah puasa Anda lancar, sehingga Anda bisa menikmatinya dengan cara yang tepat dan menyenangkan tanpa lemas.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

rapbd

Pembahasan RAPBD 2020 Terhambat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Bandung terkendala posisi pimpinan dewan definitif. “Jadi memang minggu lalu, …

Wujudkan Kepedulian Lingkungan

Perwira Sespimma Polri angkatan 62 melakukan bakti sosial bedah rumah. Kegiatan sosial tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan …
ekonomi

Kembangkan Ekonomi Digital Inklusif

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menjalin kerja sama dengan Grab Indonesia guna meningkatkan ekonomi digital inklusif yang …
dokter cilik

Siapkan Dokter Cilik Tanggap Bencana

POJOKBANDUNG.com, Tim Pengabdian Masyarakat Unjani menggelar pelatihan dokter cilik di tingkat SD di Kota Cimahi. Melalui kegiatan tersebut, dokter cilik …
lounge

Digital Lounge Hadir di Kampus ITB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pertama kali hadir di Kota Bandung, digital lounge kampus sebagai bentuk digitalisasi perbankan. Sejalan dengan tren gaya …
bandung

Wilayah Bandung Raya Diguncang Gempa

POJOKBANDUNG.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat, selama minggu kedua bulan September 2019, wilayah Jabar dan sekitarnya telah …