9 Titik Terlihat Hilal, Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan Senin 6 Mei

POJOKBANDUNG.com – Pemerintah melalui Kementeriaan Agama (Kemenag) resmi menetapkan awal Ramadan 1440 Hijriah atau awal puasa jatuh pada Senin (6/5) besok. Penetapan tersebut setelah terlihatnya hilal setinggi 4 derajat 30 menit 59 detik dan 5 derajat 42 menit 59 detik.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin menyatakan, penatapan 1 Ramadan 1440 Hijriah berdasarkan pemantauan hilal yang terlihat di sembilan titik wilayah Indonesia dan berdasarkan metode hisab. “Posisi hilal dan mendengar kesaksian petugas kita menetapkan bahwa 1 Ramadan jatuh pada esok hari, Senin 6 Mei 2019,” kata Lukman saat melakukan konpers Sidang Isbat Awal Ramadhan 1440 H di kantor Kemenag, Jalan MH Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5).

Lukman menuturkan, para petugas Kemenag memantau hilal di seluruh Indonesia. Hasilnya, pemantau tersebut melihat hilal di sembilan wilayah, di antaranya, Bangkalan, Gresik, Lamongan, Makassar, Brebes, dan Sukabumi.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin bersama dengan Waketum MUI Abdullah Zaidi dan Ketua Komisi VIII Ali Taher melakukan konpers awal Ramadan 1440 H di kantor Kemenag, Jalan M.H. Thamrin, Jakarta Pusat, Minggu (5/5). (Ridwan)

Politikus Partai Persatuan Pembangunan (PPP) ini berharap ibadah puasa yang dilakukaan bersamaan tahun ini semakin mempererat persatuan umat Islam di Indonesia. “Puasa Ramadan yang dilakukan secara bersamaan merupakan wujud dari persatuan umat Islam di Indonesia,” ungkapnya.

Sementara itu, Wakil Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) Abdullah Zaidi mengharapkan penetapan awal Ramadhan yang secara bersamaan akan dipertahankan oleh pemerintah melalui Kemenag dan MUI. “Fenomena alam ini terus kita pertahankan. Kita bisa senantiasa secara bersama-sama ini yang selalu kita utamakan, baik oleh Kemenag dan MUI,” papar Zaidi.

Bertepatan dengan penghitungan suara Pemilu Serentak 2019, Zaidi pun berharap Ramadhan kali ini dapat membawa berkah khususnya umat Islam dan umumnya masyarakat Indonesia. “Semoga Ramadhan tahun ini dalam suasana kita menghitung pemilu ini, kita bisa mengendalikan diri,” pungkasnya.

(jpc)

loading...

Feeds

SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …

Robert Puas, Persib Pantas Menang

Start apik dicetak Persib Bandung di Liga 1 musim 2019. Maung Bandung menghajar Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, …