BPJS Kesehatan Hentikan Pelayanan JKN-KIS

INFORMASI : Pihak RS Mitra Kasih di Jalan Amir Machmud memasang pemberitahuan bagi peserta BPJS Kesehatan.
(foto : IST)

INFORMASI : Pihak RS Mitra Kasih di Jalan Amir Machmud memasang pemberitahuan bagi peserta BPJS Kesehatan. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Cabang Cimahi menghentikan sementara pelayanan Jaminan Kesehatan-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) di Rumah Sakit Mitra Kasih sejak 1 Mei 2019.

Pengumuman pemberhentian sementara pelayanan BPJS Kesehatan itu tertempel di lingkungan Rumah Sakit Mitra Kasih yang dengan cepat menyebar ke melalui media sosial.

Penghentian tersebut lantaran akreditasi rumah sakit yang terletak di Jalan Amir Mahmud, Kota Cimahi itu telah kadaluwarsa.

Pengumuman tersebut bertuliskan ‘Mohon maaf yang sebesar-besarnya dengan adanya pemberitahuan dari BPJS untuk sementara RS tidak bisa menerima pasien BPJS kecuali pasien hemodialisa dan gawat darurat sampai ada pemberitahuan selanjutnya’.

Namun pihak Rumah Sakit Mitra Kasih belum bisa dimintai keterangan terkait pemberhentian layanan BPJS Kesehata  yang tentunya merugikan pasien BPJS.

“Penjabat berwenangnya sedang tidak ada di tempat. Bisa dicoba konfirmasi lagi nanti,” ujar seorang petugas keamanan rumah sakit.

Sekretaris Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Cimahi, Chanifah Listyarini membenarkan bahwa Rumah Sakit Mitra Kasih untuk sementara ini tidak melayani pasien BPJS Kesehatan.

“Sebetulnya sudah akreditasi lagi, tapi hasilnya belum turun jadi ditutup dari BPJS-nya untuk rujukan sementara sampai turun sertifikat re-akreditasinya,” ujarnya saat ditemui di Pemkot Cimahi, Jalan Demang Hardjakusumah, Kamis (2/5/2019).

Kepala Cabang BPJS Kesehatan Cimahi, Idham Kholid, mengatakan pihaknya terpaksa menghentikan layanan JKN-KIS di Rumah Sakit Mitra Kasih karena tidak terpenuhinya syarat kerja sama sesuai Peraturan Menteri Kesehatan (Permenkes) Nomor 71 Tahun 2013 tentang Pelayanan Kesehatan pada Kaminan Kesehatan.

“Jadi tidak terpenuhi syarat kerja sama sesuai perundang-undangan yang berlaku, yaitu belum adanya sertifikat akreditasi rumah sakit,” ungkapnya.

Dia menjelaskan bahwa pihak Rumah Sakit Mitra Kasih tidak kooperatif dalam mengurus akreditasinya. Padahal, akreditasi rumah sakit itu sangat penting sebagai pengontrol kualitas pelayanan dan sarana prasarananya yang baik dan menunjang mutu pelayanan.

“Terpaksa putus dulu pelayanan kerja sama, demi menjaga mutu pelayanan,” tandasnya.

(dan)

loading...

Feeds

Kritik Rekam Jejak Pansel Capim KPK

Catatan kurang sedap mengiringi perjalanan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Mencuat jejak rekam (track …
SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …