Harga Bawang Putih Tembus Rp55 Ribu per Kilogram

MERAPIKAN: Seorang pedagang sedang merapihkan bawang putih yang baru dipasok dari petani.
(foto : IST)

MERAPIKAN: Seorang pedagang sedang merapihkan bawang putih yang baru dipasok dari petani. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Tim Satgas Ketahanan Pangan Jawa Barat, melakukan inspeksi mendadak (sidak) di sejumlah pasar modern dan pasar tradisional di Kota Bandung, Selasa (30/04/2019). Dalam sidak tersebut ditemukan lonjakan harga jelang Ramadan, khususnya bawang putih dan bawang merah.


Ketua Satgas Pangan Jawa Barat, Samudi mengatakan, dari hasil sidak
beberapa komoditi kebutuhan pangan mengalami lonjakan kenaikan harga. Kata dia, yang paling menyorot ialah bawang putih sampai Rp55 ribu per kilogram. Padahal acuannya sebenarnya itu Rp32 ribu perkilogram.
“Lalu dari bawang merah ada lonjakan sampai Rp50 ribu,”ujar Samudi usai sidak di Pasar Baru, Kota Bandung.

Menurut Samudi, harga tersebut adalah pengaruh dari pasar di daerah yang mematok harga bawang putih cukup tinggi. Selain itu, untuk harga di Pasar Baru, Kota Bandung terpengaruh dari segmentasi masyarakat yang menengah ke atas.

“Tentunya tim yang sudah bergabung dengan Satgas Ketahanan Pangan akan mengecek ke hulu. Kenapa harga harga bawang putih di pasaran sampai Rp55 ribu,” katanya.

Selain itu, Samudi mengaku, pihaknya juga akan melakukan pengecekan ke gudang-gudang distributor dan importir. Hal tersebut dilakukan guna tidak terjadi upaya penimbunan oleh oknum-oknum pelaku pasar.

“Jangan sampai importir ini sengaja menahan (nimbun) sehingga membuat harga melonjak,”ungkap Samudi.

Lebih lanjut, kata Samudi, kebutuhan pokok yang lainnya seperti telur, daging sapi, ayam dan beras tergolong pada kondisi harga yang masih dalam keadaan normal. Samudi berharap, jelang Ramadan harga kebutuhan pokok lainnya tetap dalam keadaan normal, mengingat dapat dipastikan kebutuhan masyarakat akan meningkat.

“Bagi siapapun importir yang sengaja melakukan penimbunan tentunya akan ada sanksi,”pungkasnya.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

Sampah Sumbat Sungai, Aktivis Demo

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Terkait timbunan sampah yang kerap menyumbat aliran Sungai  Cigadung yang berasal dari gundukan sampah di tempat pembuangan …

Setahun Zona Merah di Indonesia

PADA 2 Maret 2020, Presiden Jokowi mengumumkan dua warga Depok, Jawa Barat, terpapar virus mematikan Covid-19. Setelah pengumuman menyeramkan itu, suasana …

Pelaksanaan Vaksinasi Covid-19 di Bandung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Vaksinasi Covid-19 menjadi salah satu kunci Indonesia untuk keluar dari situasi pandemi. Program tersebut membutuhkan partisipasi dari …