Apresiasi WP, KPP Bandung Cibeunying Gelar Tax Gathering

Kakanwil DJP Jabar I Neilmaldrin Noor foto bersama para pemenang penghargaan pada Tax Gathering yang digagas KPP Pratama Bandung Cibeunying. (Humas DJP Jabar I)

Kakanwil DJP Jabar I Neilmaldrin Noor foto bersama para pemenang penghargaan pada Tax Gathering yang digagas KPP Pratama Bandung Cibeunying. (Humas DJP Jabar I)

POJOKABANDUNG.com,BANDUNG–Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Bandung Cibeunying memberikan apresiasi dan penghargaan kepada para Wajib Pajak yang memiliki kontribusi besar pada penerimaan pajak di KPP Pratama Bandung Cibeunying. Terdapat 10 wajib pajak yang menerima penghargaan yaitu tiga  Wajib Pajak Orang Pribadi, empat Wajib Pajak Badan, dan tiga Wajib Pajak Bendahara.

Penghargaan ini diberikan langsung oleh Kepala Kanwil DJP Jawa Barat I, Neilmaldrin Noor didampingi Kepala KPP Pratama Bandung Cibeunying, Hatipah Haroen Al Rasjid dalam acara Tax Gathering KPP Pratama Bandung Cibeunying bertajuk “Pajak Menyatukan Hati, Membangun Negeri” di Braga Ballroom Hotel Crowne Plaza, Kamis (2/5).

Kakanwil DJP Jabar I mengatakan, salah satu pilar kehidupan bernegara adalah partisipasi warga negara dalam menunjang pembiayaan negara itu sendiri, dalam hal ini adalah melalui pembayaran pajak.

“Sekitar 80% APBN kita berasal dari penerimaan pajak, maka diperlukan kesadaran khususnya bagi pembayar pajak agar pemenuhan kewajiban pajak dapat dijalankan sesuai amanat konstitusi yang ditetapkan oleh negara. Beberapa manfaat pajak diantaranya adalah untuk operasional kelangsungan negara secara umum, pembangunan infrastruktur, biaya pendidikan, kesehatan, pemerataan pembangunan dan kesejahteraan rakyat dalam bentuk dana transfer ke daerah di seluruh Indonesia,” ujar Neilmaldrin.

Pada 2019 ini, KPP Pratama Bandung Cibeunying mendapat amanah untuk menghimpun penerimaan pajak sebesar Rp2,05 triliun, dan sampai akhir Triwulan I/2019 realisasi penerimaan yang telah dihimpun sebesar Rp469,99 miliar atau 22,97% dari target setahun. Untuk mencapai target 2019, masih ada sekitar Rp1,57 triliun penerimaan pajak lagi yang harus dihimpun KPP Pratama Bandung Cibeunying sampai akhir tahun.

Kakanwil menambahkan, beberapa fasilitas Ease of Doing Business (EoDB) berupa kemudahan layanan perpajakan dari Pemerintah antara lain percepatan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak (Peraturan Menteri Keuangan (PMK) Nomor 39 tahun 2018 tentang Tata Cara Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pembayaran Pajak.
Bagi Wajib Pajak Kriteria Tertentu, memenuhi persyaratan tertentu dan PKP beresiko rendah, Surat Keputusan Pengembalian Pendahuluan Kelebihan Pajak (SKPPKP) paling lama dikeluarkan :
15 hari kerja untuk PPh Orang Pribadi, satu bulan, untuk PPh Badan; atau satu bulan untuk PPN. Selain itu, penurunan Tarif PPh UMKM dari 1% menjadi 0,5% (PP 23/tahun 2018), pendaftaran NPWP melalui SABH (Sistem Administrasi Badan Hukum) dan OSS ((Online Single Submission)
Sesuai PER-20/PJ/2018 tentang Tata Cara Pendaftaran WP dan Pemberian Nomor Pokok Wajib Pajak secara Elektronik melalui Sistem Administrasi Badan Hukum dan Sistem Perizinan Berusaha Terintegrasi Secara Elektronik.

Dalam kesempatan itu, salah seorang wajib pajak, Kasno menyampaikan testimoninya. “Saya ingin berjuang untuk Negara. Saya membayar pajak cukup besar, mungkin lebih besar dari pajak bapak ibu disini. Saya dibantu kawan saya di kantor pajak itu, sekarang saya rutin bayar pajak. Saya ga pernah telat, paling lambat tanggal 15 setiap bulan. Saya merasa terhormat berdiri disini, saya seorang kampung, saya bisa berjuang disini, untuk membangun negara. Kalau dulu dengan cara perang untuk berjuang, sekarang dengan cara membayar pajak. Jangan pernah takut miskin atau tidak laku karena membayar pajak. Alhamdulillah, karena membayar pajak dagangan saya jadi laku, mungkin karena didoakan orang pajak supaya usaha saya lancar.
Membayar pajak juga sama seperti membayar zakat. Pembayar pajak adalah pahlawan zaman now,” tutur Owner Cuanki Serayu ini. (*/nto)

Loading...

loading...

Feeds

rapbd

Pembahasan RAPBD 2020 Terhambat

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pembahasan Rancangan APBD Tahun Anggaran 2020 Kota Bandung terkendala posisi pimpinan dewan definitif. “Jadi memang minggu lalu, …

Wujudkan Kepedulian Lingkungan

Perwira Sespimma Polri angkatan 62 melakukan bakti sosial bedah rumah. Kegiatan sosial tersebut merupakan salah satu bentuk kepedulian terhadap lingkungan …
ekonomi

Kembangkan Ekonomi Digital Inklusif

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menjalin kerja sama dengan Grab Indonesia guna meningkatkan ekonomi digital inklusif yang …
dokter cilik

Siapkan Dokter Cilik Tanggap Bencana

POJOKBANDUNG.com, Tim Pengabdian Masyarakat Unjani menggelar pelatihan dokter cilik di tingkat SD di Kota Cimahi. Melalui kegiatan tersebut, dokter cilik …
lounge

Digital Lounge Hadir di Kampus ITB

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pertama kali hadir di Kota Bandung, digital lounge kampus sebagai bentuk digitalisasi perbankan. Sejalan dengan tren gaya …
bandung

Wilayah Bandung Raya Diguncang Gempa

POJOKBANDUNG.com, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Bandung mencatat, selama minggu kedua bulan September 2019, wilayah Jabar dan sekitarnya telah …