Provinsi Jabar Gelar (STQ), Berharap Lahir Bibit Baru

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menabuh bedug tanda dimulainya Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat provinsi pada 28 April-3 Mei 2019.
IST

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum menabuh bedug tanda dimulainya Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat provinsi pada 28 April-3 Mei 2019. IST

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –Pemerintah Provinsi Jawa Barat menggelar Seleksi Tilawatil Quran (STQ) tingkat provinsi pada 28 April-3 Mei 2019. Diikuti 456 peserta dari 27 kota kabupaten di Jabar. Para peserta ini siap bersaing untuk mewakili daerahnya dan melaju ke tingkat nasional yang akan berlangsung di Kota Pontianak pada 27 Juni – 6 Juli.


STQ XVI ini diselenggarakan di tiga tempat yang berbeda, yakni Pusdai, Masjid Raya Agung, dan Masjid Al Muttaqin Gedung Sate. Acara ini diselenggarakan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat dan bekerja sama dengan Kementerian Agama Provinsi Jabar dan Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Provinsi Jabar.

Kepala Biro Pelayanan dan Pengembangan Sosial Provinsi Jawa Barat selaku Ketua II LPTQ Provinsi Jawa Barat, Ida Wahida Hidayati mengatakan, setiap daerah mengirimkan 20 perwakilan yang kemudian disaring mencari terbaik untuk kemudian bertarung di tingkat nasional.

“Dari hasil Jawa Barat akan dikirimkan ke nasional yang berlangsung di bulan Juni di Kota Pontianak. Semoga Jabar menang, harus optimis,” ujarnya, Minggu (29/4/2019).

Ada enam cabang perlombaan yang di ikutsertakan pada tingkat Jabar, diantaranya Musahabaqah Tilawatil Alquran anak anak dan dewasa, Musabaqah Hifzil Qur’an ( MHQ) 1 Juz dan 5 Juz, Musabaqah Hifzil Qur’an ( MHQ) 10 Juz dan 20 Juz, Musabaqah Hifzil Qur’aan ( MHQ) 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab, Musabaqah Hadist Nabi Cabang Hafalan 100 Hadist dengan sanad, dan Musabaqah Hadist Nabi cabang hafalan 500 hadist tanpa sanad.

Ditempat yang sama, Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum yang membuka acara dan berharap kualitas para kontingen meningkat dari tahun lalu. Sebab pemenang STQ tingkat provinsi akan mewakili Jwa Barat di tingkat nasional yang akan diselenggarakan 27 Juni- 6 Juli 2019 di Pontianak, Kalimantan Barat.

“Memang diakui waktu Musabaqah Tilawatil Quran Nasional ke XXVII tahun 2018 di Medan, hasilnya belum sesuai yang diharapkan. Maka kami berharap pada tahun ini kompetensi peserta akan lebih baik dari pada tahun sebelumnya,” kata Uu.

Sementara Ketua Umum LPTQ Jawa Barat sekaligus Ketua Panitia Daud Achmad menyebut enam kategori yang dilombakan pada Seleksi Tilawatil Qur’an XVl tahun 2019 Tingkat Provinsi Jawa Barat.
Kategori tersebut meliputi, Musahabaqah Tilawatil Alquran anak- anak dan dewasa, Musabaqah Hifzil Qur’an ( MHQ) 1 Juz dan 5 Juz, Musabaqah Hifzil Quran ( MHQ) 10 Juz dan 20 Juz, Musabaqah Hifzil Quran ( MHQ) 30 Juz dan Tafsir Bahasa Arab.

“Serta kategori baru, yakni Musabaqah Hadist Nabi (MHN), yang mencangkup di antaranya, hafalan 100 Hadist dengan sanad dan Musabaqah Hadist Nabi cabang hafalan 500 hadist tanpa sanad,” tambah Daud.

Adapun jumlah peserta mencapai 456 orang dengan rincian 230 peserta putra, dan 226 orang peserta putri. “STQ jadi daya dorong percepatan pembangunan dari segi agama atau kecerahan rohani,” katanya.

Inovasi juga hadir pada penyelenggaraan STQ di Jawa Barat tahun ini, bahwa para peserta harus melakukanfingger print agar menghindari ada joki. Pihak panitia penyelenggara, telah bekerja sama sengan Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Provinsi Jawa Barat untuk menghindari ada joki atau peserta pesanan.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Jawa Barat A. Buchori berharap kegiatan ini dapat dikuti dengan sebaik-baiknya oleh seluruh kafilah STQ. Sehingga nanti saat mengikuti STQ Tingkat Nasional dapat meraih hasil yang maksimal.

Menurut Kakanwil, kegiatan ini dapat terus menumbuhkan rasa cinta terhadap Alquran. Lebih luas, kegiatan ini juga bisa menjadi ajang dalam mewujudkan masyarakat yang Qurani. Maka STQ menjadi implementasi kepedulian pemerintah terhadap pembinaan umat.

“Diharapkan dapat memantapkan komitmen bahwa pelaksanaannya lebih baik dan harus berubah ke arah yang lebih baik,” Katanya.

Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Barat Iwa Karniwa yang juga hadir pada pembukaan STQ X berharap para peserta dapat mengikuti kegiatan ini seoptimal mungkin sehingga terjadi suatu peningkatan prestasi.

“Karena ini langkah awal. Langkah berikutnya di tingkat nasional kita berharap menjadi Juara Umum,”pungkasnya (MAT)

(pra)

Loading...

loading...

Feeds