“Balad Badega” Siap Jaga Desa Sayati

Seluruh anggota Balad Badega foto bersama usai melakukan kegiatannya di wilayah Kabupaten Bandung, Belum lama ini.
IST

Seluruh anggota Balad Badega foto bersama usai melakukan kegiatannya di wilayah Kabupaten Bandung, Belum lama ini. IST

POJOKBANDUNG.com, SAYATI – Desa Sayati Kabupaten Bandung membentuk Balad Badega yang bertugas untuk menjaga lingkungan. Baik menjaga kebersihan, sosial maupun keamanan. Sebab, wilayah Sayati merupakan salah satu wilayah di Kabupaten Bandung yang masih memiliki persoalan sampah.


Kepala Desa Sayati, Nandar Kusnandar mengatakan, Balad Badega akan menjadi penjaga lingkungan di Desa Sayati. Namun, tugas utamanya adalah menjaga kebersihan lingkungan.

”Mereka merupakan kader lingkungan, kader konservasi dan kader resinitasi yang maksud tujuannya membantu masyarakat mengontrol tentang kondisi lingkungan,” ujarnya usai melantik Balad Badega di Character Building Ciwidey, Kabupaten Bandung, belum lama ini.

Nandar mengungkapkan, ke depan Balad Badega akan menjadi edukator bagi masyarakat. ”Mereka juga yang akan memberikan edukasi tentang lingkungan, dan hal-hal lainnya kepada masyarakat,” imbuhnya.

Balad Badega sendiri sebetulnya sudah tercetus sejak beberapa bulan yang lalu. Namun, baru resmi menjadi Balad Badega setelah dikukuhkan oleh Kepala Desa Sayati di Character Building Kementerian Perhubungan 27-28 April 2019. Dalam pengukuhan itu, sebanyak 24 orang mengikuti Diklatsar (Pendidikan dan Pelatihan Dasar) Balad Badega yang juga dihadiri oleh Badega Lingkungan Kabupaten Bandung, serta Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, Asep Kusumah.

Sebelum ada Balad Badega, lanjut Nandar, Kabupaten Bandung sudah terlebih dahulu membentuk Badega Lingkungan yang tugasnya menjaga lingkungan di wilayah Kabupaten Bandung dari industri ”nakal”.

Diharapkan, kehadiran Balad Badega bisa menjadi pelopor perwilayah membantu tugas Badega Lingkungan sekaligus mewujudkan cita-cita Kabupaten Bandung bersih sampah 2020.

(gat)

Loading...

loading...

Feeds

Energi Postif Moonraker untuk Kemajuan Daerah

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Bukan lagi zamannya ugal-ugalan dijalanan. Apalagi melakukan tindakan yang merugikan diri sendiri bahkan orang lain. Stigma negatif …