Ratusan Siswa Napak Tilas Perjuangan Prajurit Siliwangi

LONG MARCH: Sejumlah siswa SMA Pelita Nusantara berfoto bersama di titik akhir aksi napak tilas Yogjakarta-Bandung di Car Free Day (CFD) Dago, Bandung, Minggu (28/4/2019).
(foto : NUR FIDHIAH/ RADAR BANDUNG)

LONG MARCH: Sejumlah siswa SMA Pelita Nusantara berfoto bersama di titik akhir aksi napak tilas Yogjakarta-Bandung di Car Free Day (CFD) Dago, Bandung, Minggu (28/4/2019). (foto : NUR FIDHIAH/ RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Ratusan siswa SMA Pelita Nusantara menggelar kegiatan napak tilas perjuangan prajurit Siliwangi. Kegiatan itu dilakukan dengan long march dari Yogyakarta ke Bandung selama tujuh hari dari 21 – 28 April 2019.


Ketua Yayasan Harapan Bangsa Indonesia Maju, I.B Dharma Yoga mengatakan, tujuan kegiatan tersebut mengenang sekaligus mempelajari jejak-jejak prajurit kebanggaan Jawa Barat pada zaman setelah kemerdekaan.

Kata dia, para siswa berjalan kaki secara estafet melalui rute-rute yang dahulu dilewati para prajurit Siliwangi saat Agresi Militer Belanda II pada 4 Februari 1949. Rute tersebut yaitu Yogyakarta-Kebumen-Purwokerto-Majenang-Banjar-Tasikmalaya-Sumedang-Bandung.

“Siswa jadi tahu bagaimana sejarah perjuangan bangsa ini untuk mempertahankan NKRI,” ujarnya di lokasi akhir Long March, Car Free Day Dago, Bandung, Minggu (28/4).

Peserta long march ini diikuti oleh 75 siswa kelas 10, lalu 12 siswa kelas 11 dan sisanya guru serta pembimbing. Dalam perjalanan ratusan kilometer tersebut mereka mengunjungi situs-situs bersejarah prajurit Siliwangi.

“Peserta dibagi ke dalam beberapa kelompok. Setiap kelompok melakukan long march sejauh 7 kilometer yang ditempuh dalam waktu 1,5 sampai 2 jam,” paparnya.

“Menanamkan nilai kedisiplinan dan mempelajari sejarah adalah poin penting yang harus dimaknai mereka dalam aksi napak tilas. Para siswa juga menyempatkan diri berdialog dengan eks pejuang, tokoh masyarakat dan pejabat sipil maupun militer terkait nilai-nilai persatuan dan kesatuan NKRI,” sambungnya.

Sekadar diketahui, Long March Siliwangi adalah peristiwa pindahnya Tentara Nasional Indonesia dari Jawa Tengah-Jogjakarta ke Jawa Barat pada 4 februari 1949. Hal itu dilakukan sebagai konsekuensi dari perjanjian renville yang merugikan bangsa Indonesia dan diikuti pelanggaran oleh belanda dengan melakukan agresi militer belanda 2 dengan menguasai Yogyakarta.

Jendral Sudirman pun segera mengeluarkan Instruksi Panglima Besar nomor 1 sesuai perintah (Perintah siasat nomor 1) agar pasukan pindah ke Jawa Barat setelah bertempur dengan PKI Muso.

(fid)

Loading...

loading...

Feeds

Gandeng LBH Gerakan Pemuda Anshor

POJOKBANDUNG.com, CIMANGGUNG – Untuk melindungi warga karang taruna dan masyarakat Cimanggung yang berurusan dengan masalah hukum, Forum Pengurus Karang Taruna …

SAPA Alfamart, Solusi Belanja Saat Pandemi

POJOKBANDUNG.com – Masa PSBB yang diberlakukan di beberapa kota/ kabupaten membuat toko ritel yang menyediakan kebutuhan sehari-hari terpaksa buka lebih …

Pemkot Belum Bisa Akses TPS Legok Nangka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kota Bandung tengah menghadapi masalah dengan Tempat Pembuangan Sampah (TPS). Seperti diketahui TPS Sarimukti masih bisa menerima …

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …