Ignasius Jonan: Hari Bumi Jangan Hanya Seremonial

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Menteri Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Jonan mengingatkan pentingnya menjaga kelestarian bumi. Hal itu diungkapkan pada peringatan Hari Bumi International ke-49, di halaman Museum Geologi Jalan Diponegoro, Kota Bandung, Sabtu (27/4/2019).


Ignasius menyampaikan, Hari Bumi bukan sekadar peringatan seremonial belaka, lebih jauh dari itu perlu ada kerja-kerja dari pemerintah Republik Indonesia yang serius dalam proses menjaga kelestarian bumi.

“Jadi bukan peringatannya tapi yang penting itu kerjanya kita. Setiap tahun perlu ada inisiatif yang sungguh-sungguh supaya masyarakat menjadi makin lama makin baik,” kata Ignasius.

Menurut dia, selain ESDM kementerian lain yang berkaitan dengan pelestarian alam dan lingkungan juga perlu melaksanakan hal yang sama, agar masyarakat bisa melihat kepedulian pemerintah terhadap pelestarian lingkungan.

Ignasius mencontohkan, Kementerian Lingkungan Hidup (KLH) yang harus melihat masalah atmosfer yang semakin rusak, sehingga bisa juga dijadikan renungan dalam peringati hari bumi Internasional.

“Selain itu juga terkait dengan memanfaatkan energi terbarukan. Maka Kementerian Perindustri (Kemenperin) juga perlu terlibat,”ungkapnya.

Lebih lanjut, Ignasius menilai, Kemenperin juga perlu terlibat dalam proses pemanfaatan mobil listrik yang saat ini mulai gencar dilakukan. Agar tidak berhenti pada proses pengkajian, namun bisa bermanfaat bagi masyarakat luas.

“Kalau mobil listrik kan bagian dari green energy, kalau dilihat bodinya memang bagus, menarik. Saya menyarankan bisa kerjasama langsung dengan industri untuk bisa dibuat massal. Jadi tidak berhenti pada skala riset,” katanya.

Disinggung mengenai upaya-upaya apa saja yang dilakukan Kementerian ESDM untuk mendorong kesiapan pihak industri dalam memproduksi teknologi dengan energi terbarukan. Ignasius menyampaikan bahwa hal tersebut ada pada kebijakan Kemenperin.

“Kalau kesiapan industri, itu yang paling penting adalah Kementerian Industri. Saya hanya menyediakan tenaga listriknya saja,”pungkasnya.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

Larang Warga Mudik, Kapolri Minta Maaf

POJOKBANDUNG.com – Kapolri Jenderal Pol Listyo Sigit Prabowo meminta masyarakat dapat memahami kebijakan pemerintah melarang adanya mudik pada periode libur …