Atalia Belanja Gunakan ‘Talawengkar’

BELANJA : Ketua TP.PPK Provinsi Jawa Barat, Atalia Ridwan bersama Ketua TP. PKK Subang, Hj Yoyoh Ruhimat belanja menggunakan uang yang terbuat dari kepingan genting di Pasar 'Talawengkar'.
(foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

BELANJA : Ketua TP.PPK Provinsi Jawa Barat, Atalia Ridwan bersama Ketua TP. PKK Subang, Hj Yoyoh Ruhimat belanja menggunakan uang yang terbuat dari kepingan genting di Pasar 'Talawengkar'. (foto : M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, SUBANG-Ketua TP.PPK Provinsi Jawa Barat, Atalia Ridwan Kamil, menghadiri pembukaan pasar desa wisata anak juara, di Kp.Cibolang, Desa Cibuluh, Kecamatan Tanjuangsiang, Subang. Acara ini secara resmi dibuka oleh Atalia yang juga sebagai Ketua Jabar Bergerak, Sabtu ( 27/4/2019).


Menurut Atalia untuk mewujudkan Jabar Juara lahir dan batin, Pemerintah Provinsi Jabar melalui Jabar Bergerak menggagas program Pasarwi (Pasar Desa Wisata). Program ini untuk yang pertama kalinya di Kampung Bolang, Desa Cibuluh Tanjungsiang, Subang.

“Mudah-mudahan dengan adanya pasar desa wisata anak juara ini, yang menawarkan permainan anak tradisional dapat membuat anak-anak belajar sambil bermain.  Sehingga mereka menjadi pribadi yang kokoh dan kuat menuju provinsi layak anak (Provila),” ujar Si Cinta sapaan akrabnya dalam sambutannya.

Menurut Atalia, dengan adanya sejumlah kegiatan apresiasi dan kreatifitas di ruang terbuka, diharapkan dapat  membentuk karakter positif bagi perkembangan jiwa anak kedepannya.

Sebab terdapat empat hak dasar bagi anak, yaitu hak untuk hidup, hak untuk berpartisipasi, hak mendapat perlindungan, serta hak bagi mereka untuk tumbuh dan berkembang sesuai dengan usianya.

“Untuk itu melalui Pasarwi ini yang ditunjang dengan pengenalan permainan permainan tradisional sangatlah bagus sekali untuk membentuk karakter setiap anak.Dan Pasarwi ini juga untuk pertamakalinya diresmikan. Untuk itu, Desa Wisata Cibuluh harus menjadi percontohan bagi desa desa di Jawa Barat,” ungkapnya

Usai memberikan sambutan Atalia menyenyempatkan untuk mencoba salah satu permainan anak tradisional yaitu “bedil karet” dilanjutkan dengan meninjau pasar talawengkar yaitu konsep belanja dengen transaksi menggunakan uang yang terbuat dari kepingan genting, dimana pembeli yang hendak belanja harus menukarkan dulu uang rupiah dengan talawengkar.

Hadir  dalam acara tersebut, Ketua TP.PKK Kabupaten Subang, Hj. Yoyoh Sopiah Ruhimat, Bupati Subang yang diwakili oleh Plt. Asisten Administrasi Umum Setda Kabupaten Subang, Drs. Ade Mulyawadi, M.Si. , jajaran Forkopimda kabupaten Subang, anggota Jabar Bergerak,  anggota komunitas Hong, dan tamu undangan lainnya.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jawa Barat yang diwakili oleh Kepala Bidang Kebudayaan H. Wahyu Iskandar menyatakan, tujuan kegiatan pasar desa wisata anak juara menuju provinsi laya anak, agar desa wisata anak juara dapat mensosialisasikan permainan anak tradisional sebagai media pewaris nilai-nilai budaya yang terkandung pada setiap permaianan anak trasisional khas jabar untuk membangun karakter masyarakat Jawa Barat.

“Tujuan pelaksanaan kegiatan adalah menanamkan nilai-nilai budaya yang terkandung dalam permainan anak tradisional pada anak-anak, terbentuknya karakter generasi muda Jawa Barat yang Masagi, serta mengurangi pengaruh budaya luar kepada generasi muda agar terbentuknya karakter masyarakat Jawa Barat yang berlandaskan budaya lokal,”ujarnya.

Pada kesempatan itu juga dilakukan penyerahan piagam pasar desa wisata anak juara menuju provinsi layak anak (Provila) kepada Kepala Desa Cibuluh.

(anr)

Loading...

loading...

Feeds

249 Tersangka Curanmor Diciduk Polres

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Direktorat Reserse Kriminal Umum (Reskrimum) Polda Jabar besama Polres maupun Polresta jajaran wilayah hukum Jabar berhasil meringkus …

Pantau Pelayanan, Bupati Sidak RSUD

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Bupati Subang H. Ruhimat menggelar inspeksi mendadak (sidak) di rumah sakit umum daerah (RSUD). Hal ini dilakukan …

Jumlah Penduduk Terus Meningkat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Jumlah penduduk di Kota Cimahi terus bertambah, mengakibatkan kepadatan penduduk wilayah Kota Cimahi menjadi yang tertinggi di …