Lifestyle 5 Alasan Jangan Minum Secangkir Teh Setiap Pagi

POJOKBANDUNG.com –  Mengawali kegiatan di pagi hari memang paling enak menyeruput secangkir teh hangat. Ternyata kebiasaan itu tak baik untuk kesehatan apalagi jika dilakukan dengan perut kosong.


Teh memang menawarkan beberapa manfaat kesehatan seperti antioksidan. Terlebih di dalam teh hitam atau katekin yang dapat meningkatkan kekebalan dan metabolisme. Namun, Ahli Nutrisi & Makanan Selebriti, Pooja Makhija justru menyarankan agar menghindari kafein setiap pagi.

Jangan pernah memulai hari dengan kafein baik itu kopi atau teh. Kafein tidak boleh menjadi hal pertama yang diberikan pada tubuh dengan perut kosong,” katanya seperti dilansir dari NDTV, Minggu (28/4).

Solusinya, seseorang perlu mengisi perut dengan sarapan makanan padat sebelum mengonsumsi kafein. Jika tidak, dapat memicu asam lambung dan membuat gangguan pencernaan sepanjang hari.

“Cukup minum air hangat untuk memulai pagi akan lebih baik,” jelasnya. Maka ada 5 alasan mengapa sebaiknya menghindari teh di pagi hari.

Ganggu Metabolisme

Minum teh di pagi hari dapat mengganggu sistem metabolisme karena ketidakseimbangan zat asam dan basa dalam perut. Sehingga dapat mengganggu aktivitas metabolisme tubuh secara teratur dan membuat bermasalah sepanjang hari.

sakit perut, masalah pencernaan,
Minum teh dengan perut kosong bisa menyebabkan gangguan pada perut. (NDTV)

Dehidrasi

Teh bersifat diuretik yang berarti menghilangkan air dari tubuh. Tubuh Anda sudah mengalami dehidrasi karena tidur delapan jam. Teh hanya menambah keadaan dehidrasi. Dehidrasi yang berlebihan pada akhirnya akan menyebabkan ketidakseimbangan mineral yang menyebabkan kram otot.

Mengganggu Kesehatan Mulut

Ketika mengonsumsi teh di pagi hari, bakteri di mulut akan memecah gula yang mengarah ke peningkatan kadar asam di mulut. Ini dapat menyebabkan erosi enamel pada gigi. Bahkan dapat menyebabkan radang gusi karena bakteri yang berlebihan menumpuk.

Efek Buruk Kafein

Kafein dikenal memberi dorongan energi instan. Namun, memberi tubuh dosis tinggi kafein pada perut kosong mungkin memiliki efek samping seperti mual, pusing dan sensasi tidak menyenangkan lainnya. Yang terbaik adalah minum teh atau kopi setelah makan sesuatu.

Membuat Perut Kembung

Minuman teh pun biasanya dicampurkan dengan susu. Tapi, orang merasa kembung terutama karena kandungan laktosa yang tinggi dalam susu yang dapat mempengaruhi usus ketika perut kosong. Ini dapat menyebabkan gas dan sembelit.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Timo Wermer Ngebet Gabung Liverpool

POJOKBANDUNG.com, LEIPZIG – Pemain RB Leipzig, Timo Werner, memberi sinyal bersedia bergabung dengan Liverpool. Dia bilang gaya bermainnya cocok dengan …

Love Fest 2020 Ditutup dengan Manis

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – HARI kedua gelaran Love Fest 2020 ditutup dengan sempurna. Musisi wanita kebanggaan Indonesia, Reza Artamevia tampil energik …

I Made Pemain Terbaik Versi FWP

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – I Made Wirawan terpilih sebagai sebagai pemain terbaik Persib Bandung 2019 versi jurnalis. Made mendapatkan penghargaan Best …

Teja Paku Alam Kiper Modern

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Penjaga gawang Persib Bandung, Teja Paku Alam sudah mulai mendapatkan tempat di posisi penjaga gawang Maung Bandung. …

Warga Siap Tanam Pohon Keras

POJOKBANDUNG.com, KERTASARI – Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) terkejut, usai mengetahui di kawasan sekitar hulu Sungai Citarum hanya ditanami …

Belasan Remaja Diamankan

POJOKBANDUNG.com, BALEENDAH – Karena membawa senjata tajam, sejumlah remaja diamankan oleh anggota kepolisian Polsek Baleendah. Kapolsek Baleendah, Kompol Supriyono , …