Universitas Jadi Kunci Percepatan Pembangunan Infrastruktur Indonesia

Direktur PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) Armand Hermawan

Direktur PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) Armand Hermawan

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Universitas menjadi satu kunci untuk mempermudah pemerintah dalam menentukan proyek apa saja yang bisa digunakan dengan skema kerja sama pemerintah dan badan usaha (KPBU).


Hal itu disampaikan, Direktur PT Penjaminan Infrastruktur Indonesia (PT PII) Armand Hermawan, pada acara Infrastructure Summit 2019 dengan tema tema “Empowering University for Continuous PPP Infrastructure Development in Regional Government”, di Universitas Padjadjaran, Jumat (26/4).

Menurutnya, sejauh ini saat investor ingin melihat kondisi suatu daerah maka yang pertama dilihat adalah keberadaan universitasnya. Kemudian mereka juga melihat ada tidaknya badan pemeriksa keuangan daerah (BPKD).

“Jika dua hal itu sudah mantap, maka investor akan semakin mudah untuk masuk,”ujar Armand.

Armand menuturkan, selama ini sudah banyak universitas di sejumlah daerah yang diajak bekerjasama untuk memberikan masukan proyek yang dibutuhkan masyarakat. Namun, apa yang mereka sampaikan memang baru bersifat teori dan kajian ilmiah.

PT PII dikataka Armand, memiliki para praktis untuk mengkaji lebih dalam apakah ajuan tersebut sudah tepat dijalankan dengan skema KPBU.

“Sekarang antara teori dan praktis ini sudah bisa terjembatani sehingga proyek KPBU bisa berjalan lebih cepat,”ungkap Armand.

Sementara itu, Menteri Keuangan Sri Mulyani mengatakan, akademisi memiliki peran penting dalam percepatan pembangunan infrastruktur Indonesia. Ia berharap para akademisi dapat memberikan kontribusi optimal bagi kemajuan infrastruktur bangsa melalui pengembangunan kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat di bidang pengembangan infrastruktur khususnya di daerah.

“Universitas sebagai Perguruan Tinggi harus memilikii kompetensi dan atensi yg baik terhadap hal ini. Akademisi, swasta, dan pemerintah adalah //triple helix// yang mampu memciptakan perubahan pada suatu negara,” ujar Sri Mulyani.

Dengan adanya University Network for Indonesia Infrastructure Development (UNIID), Sri Mulyani berharap bisa mempertemukan universitas‐universitas terkemuka di Indonesia agar dapat saling berdiskusi serta membahas berbagai ide dan masukan terhadap pengembangan infrastruktur baik nasional maupun regional, utamanya melalui skema KPBU.

(azs)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …