Terus Berupaya Tingkatkan Minat Baca

MEMBACA: Sejumlah warga sedang membaca buku di Kendaraan Perpustakaan Keliling yang sedsng berada di wilayah Parongpong beberapa waktu lalu.
(foto : MUHAMMAD HABIBI/RADAR BANDUNG)

MEMBACA: Sejumlah warga sedang membaca buku di Kendaraan Perpustakaan Keliling yang sedsng berada di wilayah Parongpong beberapa waktu lalu. (foto : MUHAMMAD HABIBI/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sejak berdirinya perpustakaan desa (perpusdes) dan taman bacaan masyarakat di beberapa desa Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung (KBB) Barat akui jika angka minat baca di Bandung Barat meningkat.

Kepala Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung Barat Euis Suryati mengatakan, Pemkab Bandung Barat padah tahun ini menargetkan penambahan perpusdes dan TBM di setiap desa agar Minat Baca Warga Bandung Barat Meningkat. Dari jumlah 165 desa tesebut, rencananya akan ada penambahan puluhan perpusdes pada tahun ini.

“Tahun ke tahun selalu ada peningkatan bahakan sekarang minat baca di KBB meningkat sebesar 60 persen. Selain itu, sarana dan prasarana di sejumlah desa tersebut sudah memadai,” kata Euis Suryati, kepada wartawan di Ngamprah belum lama ini.

Eeuis menyebutkan dari 165 desa di Bandung Barat, sebanyak 80 desa sudah bisa menjalankan perpusdes dan TBM.

“Walaupun memang 80 desa ini mendapatkan dari dana desa. Namun, sebanyak 80 desa itu sudah replikasi, di sana ada buku, komputer dan fasilitas lainnya. Dan untuk sebagian desa, nanti dianggarkan tahun berikutnya,” ungkapnya.

Selama ini kata Euis, masyarakat desa banyak meminati buku-buku mulai dari pertanian, peternakan dan keterampilan. “Bantuan untuk buku sudah diberikan ke 165 titik. Karena masih ada desa yang belum diberikan,” ungkapnya.

Ia berharap minat baca masyarakat di desa bisa semakin meningkat. Terlebih, dengan semakin meningkatnya minat baca itu juga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat.

Seperti contoh itu H. Ae, salah satu warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas. Dari membaca bisa menghasilkan pupuk buatan sendiri.

“Pada intinya, dengan membaca buku itu banyak manfaat sekali. Termasuk bisa juga mendongkrak Indek Pembangunan Manusia dan mengentaskan kemiskinan,” pungkasnya.

(bie)

loading...

Feeds

Kritik Rekam Jejak Pansel Capim KPK

Catatan kurang sedap mengiringi perjalanan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Mencuat jejak rekam (track …
SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …

Robert Puas, Persib Pantas Menang

Start apik dicetak Persib Bandung di Liga 1 musim 2019. Maung Bandung menghajar Persipura Jayapura di Stadion Si Jalak Harupat, …