Terus Berupaya Tingkatkan Minat Baca

MEMBACA: Sejumlah warga sedang membaca buku di Kendaraan Perpustakaan Keliling yang sedsng berada di wilayah Parongpong beberapa waktu lalu.
(foto : MUHAMMAD HABIBI/RADAR BANDUNG)

MEMBACA: Sejumlah warga sedang membaca buku di Kendaraan Perpustakaan Keliling yang sedsng berada di wilayah Parongpong beberapa waktu lalu. (foto : MUHAMMAD HABIBI/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Sejak berdirinya perpustakaan desa (perpusdes) dan taman bacaan masyarakat di beberapa desa Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung (KBB) Barat akui jika angka minat baca di Bandung Barat meningkat.


Kepala Dinas Kerasipan dan Perpustakaan Daerah Kabupaten Bandung Barat Euis Suryati mengatakan, Pemkab Bandung Barat padah tahun ini menargetkan penambahan perpusdes dan TBM di setiap desa agar Minat Baca Warga Bandung Barat Meningkat. Dari jumlah 165 desa tesebut, rencananya akan ada penambahan puluhan perpusdes pada tahun ini.

“Tahun ke tahun selalu ada peningkatan bahakan sekarang minat baca di KBB meningkat sebesar 60 persen. Selain itu, sarana dan prasarana di sejumlah desa tersebut sudah memadai,” kata Euis Suryati, kepada wartawan di Ngamprah belum lama ini.

Eeuis menyebutkan dari 165 desa di Bandung Barat, sebanyak 80 desa sudah bisa menjalankan perpusdes dan TBM.

“Walaupun memang 80 desa ini mendapatkan dari dana desa. Namun, sebanyak 80 desa itu sudah replikasi, di sana ada buku, komputer dan fasilitas lainnya. Dan untuk sebagian desa, nanti dianggarkan tahun berikutnya,” ungkapnya.

Selama ini kata Euis, masyarakat desa banyak meminati buku-buku mulai dari pertanian, peternakan dan keterampilan. “Bantuan untuk buku sudah diberikan ke 165 titik. Karena masih ada desa yang belum diberikan,” ungkapnya.

Ia berharap minat baca masyarakat di desa bisa semakin meningkat. Terlebih, dengan semakin meningkatnya minat baca itu juga bisa mendongkrak ekonomi masyarakat.

Seperti contoh itu H. Ae, salah satu warga Desa Mekarmukti, Kecamatan Cihampelas. Dari membaca bisa menghasilkan pupuk buatan sendiri.

“Pada intinya, dengan membaca buku itu banyak manfaat sekali. Termasuk bisa juga mendongkrak Indek Pembangunan Manusia dan mengentaskan kemiskinan,” pungkasnya.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

Penelitian dalam Negeri Harus Didukung

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil menyatakan upaya membuat vaksin dalam negeri harus didukung. Selain untuk memenuhi kebutuhan …

Calon Jemaah Haji Wajib Divaksin

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Kementerian Kesehatan Arab Saudi dikabarkan telah mengeluarkan kebijakan baru terkait syarat mengikuti ibadah haji. Berdasarkan informasi hanya …

Rachmat Yasin Dituntut Empat Tahun Bui

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Mantan Bupati Bogor, Rachmat Yasin, dituntut empat tahun penjara atas kasus korupsi. Yasin diduga menerima gratifikasi dari …

Tukang Rias Meninggal di Kamar Kos

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Warga Kelurahan Panglejar, Kecamatan Subang, Kabupaten Subang, mendadak geger. Mereka dikejutkan dengan temuan sesosok mayat laki-laki di …

15 Nakes Covid, Puskesmas Cisalak Ditutup

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – Puskesmas Cisalak, Kabupaten Subang ditutup. Ini karena 15 nakesnya terkonfirmasi positif virus Covid-19. Penutupan dilakukan selama 14  …

Ratusan Prajurit Kodam Divaksin Sinovac

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Ratusan prajurit TNI dijajaran Kodam III/Siliwangi menerima suntikan Vaksinasi Sinovac. Hal tersebut disampaikan Kapendam III/Siliwangi Kolonel Inf …