BIP dan Pemkot Bandung Gelar Latihan Evakuasi, Penanganan Bencana dan Kebakaran

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG –   Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung bersama Bandung Indah Plaza (BIP) dan  Istana Plaza (IP) mengadakan latihan evakuasi, penanganan bencana, dan bahaya kebakaran. Kegiatan ini untuk meningkatkan kewaspadaan dan mengedukasi dalam mengantisipasi kebakaran.


Kasie Operasi Pemadaman Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana Kota Bandung, M. Rahmat mengatakan, setiap mall harus punya standarisasi keamanan. Seluruh alat proteksi harus terpasang dengan baik.

“Kita melakukan inspeksi ke setiap mall di Kota Bandung. Alat proteksi itu harus semuanya berfungsi minimal hydrant, sprinkler dan detektor. Wajib bagi mall dan gedung tinggi,” katanya di BIP, Kamis (25/4/2019).

Rahmat menyebut bahwa mall di Kota Bandung sudah berkategori aman melalui kegiatan pengawasan dan monitoring yang terus dilakukan secara rutin. Saat ini pihaknya memiliki 315 personil dan 22 armada.

“Kita punya 10 orang inspektur dan punya jadwal rutin untuk memeriksa seluruh mall di Kota Bandung agar sesuai peraturan. Seluruh mall itu harus bisa mengamankan penghuni. Ideal pemeriksaannya setahun sekali,” tandasnya.

Marketing Communication Manager BIP & IP, Aditia Fahmi mengatakan, kegiatan ini diharapkan dapat meningkatkan antisipasi segala kemungkinan yang terjadi akibat bencana dan kebakaran.

“Dari segi peralatan pemadam kebakaran rutin dilakukan pengecekan. Kami selalu berupaya melakukan peningkatan peralatan agar pengunjung maupun penyewa merasa nyaman dan aman,” katanya.

Apalagi, lanjut dia, menghadapi bulan yang ramai dikunjungi seperti Ramadan pada Mei-Juni 2019 sehingga perlu meningkatkan keamanan.

“Mall kan menjadi pilihan destinasi pengujung di Bandung saat Ramadan untuk berbelanja dan mencari kuliner, terutama saat berbuka puasa,” ucapnya.

Kegiatan ini dimulai dengan simulasi penanganan kebakaran, dilanjut memberi edukasi secara terbuka kepada penyewa. Ada praktik secara langsung penanganan kebakaran menggunakan APAR, alat yang terbatas, memadamkan api bersumber dari gas, dan cara-cara lain  yang dapat membantu menangani pemadan api segera sebelum datangnya bantuan dari Dinas Damkar.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Presiden Joko Widodo (Jokowi) kembali mendapat suntikan vaksin Covid-19 untuk tahap kedua. Vaksinasi dilakukan di halaman Kompleks Istana Kepresidenan, Jakarta, …

Wow! Kemendikbud Beri Bocoran Soal AN?

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) memberikan contoh soal Asesmen Nasional (AN) akan dilaksanakan pada September 2021. Adapun, penilaian AN itu …

Dukung UMKM, Integrasikan Layanan Iklan Digital

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel bersama Gojek terus memperkuat komitmen dalam mendorong pemberdayaan UMKM di Indonesia melalui pemanfaatan teknologi digital terdepan …

Wisuda Mahasiswa XL Future Leaders

PT XL Axiata Tbk (XL Axiata) kembali mewisuda mahasiswa Program XL Future Leaders (XLFL). Kali ini sebanyak 149 mahasiswa angkatan …