Istri Buruh Pabrik Ini Terkesan Manfaat Nyata JKN-KIS

 Siti Rukmini (41)

Siti Rukmini (41)

POJOKBANDUNG.com, KUTAWARINGIN – Siti Rukmini (41), salah satu warga Kutawaringin, Kabupaten Bandung, mengaku sudah merasakan manfaat dari Program Jaminan Kesehatan Nasional-Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS). Siti terdaftar menjadi peserta JKN-KIS sebagai istri dari suaminya yang merupakan buruh pabrik di perusahaan swasta. Dia mempunyai 3 orang anak, 2 anak ditanggung oleh suaminya, namun anaknya yang pertama jadi peserta mandiri karena usianya lebih dari 21 tahun dan sudah bekerja.

Siti mengaku banyak terbantu oleh BPJS Kesehatan. Dua bulan yang lalu ia mengidap tumor jinak di sekitar dadanya berdasarkan hasil pemeriksaan dokter terdapat 3 benjolan sehingga harus dilakukan operasi pengangkatan tumor. Beruntung Siti menggunakan Kartu Indonesia Sehat (KIS) pada saat berobat.

“Sakit yang saya rasakan sebelum di operasi, tangan terasa pegal dan ngilu, terkadang terasa sakit di bagian dada, karena secara terus menerus sakit, akhirnya saya berobat ke klinik. Kata dokter harus dirujuk ke rumah sakit agar bisa ditindaklanjuti. Alhamdulillah, saya tidak merasa khawatir karena punya KIS,” ujar ibu tiga anak ini saat ditemui, Kamis (25/4).

Setelah sampai di rumah sakit, ternyata Siti mengidap penyakit tumor jinak di bagian dadanya dan harus dilakukan operasi. Sebulan menunggu antrian untuk dioperasi diakuinya sebagai hal yang wajar, mengingat pasien yang sakit juga banyak, tidak hanya pasien yang menggunakan BPJS Kesehatan tetapi juga pasien umum.

“Saya rasa tidak dibeda-bedakan dengan pasien umum atau pasien yang dibayari perusahaan. Ngantri ya tetap mengantri karena itu hal tidak bisa sekaligus instan, karena tenaga medis pun terbatas, butuh proses, butuh waktu, sehingga saya dapat giliran satu bulan kemudian untuk dilakukan operasi. Saya bersyukur semuanya dilayani dengan baik dan yang terpenting tumor saya bisa diangkat dan sembuh,” tambah Siti.

Dengan adanya Program JKN-KIS, Siti sangat bersyukur bisa beraktivitas kembali dan yang lebih penting tidak ada biaya yang ditanggung sendiri, semua ditanggung BPJS Kesehatan.

“Tidak menyangka ternyata BPJS Kesehatan itu nyata benar adanya bisa menolong orang yang sakit, meringankan beban mereka yang membutuhkan, seperti saya ini hanya ibu rumah tangga. Penghasilan dari suami pun hanya mencukupi kebutuhan sehari-hari. Jadi luar biasa BPJS Kesehatan, terima kasih banyak ya,” tutup Siti sambil tersenyum.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

BPJSTK Mengajar Edukasi Pelajar SD Cibentar

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – BPJS Ketenagakerjaan Kantor Wilayah Jawa Barat berbagi ilmu pengetahuan dan memberikan semangat kepada siswa Sekolah Dasar (SD) …