Harga Bawang dan Cabai Tembus Rp50 Ribu per Kilogram

Seorang pedagang sayuran saat merapihkan dagangannya. Jelang Ramadan, sejumlah harga sayuran merangkak naik.
(foto : ILUSTRASI)

Seorang pedagang sayuran saat merapihkan dagangannya. Jelang Ramadan, sejumlah harga sayuran merangkak naik. (foto : ILUSTRASI)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sejumlah harga sayuran mulai merangkak naik jelang Ramadan. Kenaikan sudah terjadi untuk varian bawang merah dan bawang putih serta cabai merah TW.

Salah seorang pedagang di Pasar baru, Kota Bandung, Dedeh Sobariah mengatakan, kenaikan harga bisa sampai dua kali lipat. Kata dia, untuk harga ketiga komoiti itu sekitar Rp50 ribu per kilogram. Sedangkan pada kondisi normal harga bawang merah dan bawang putih sekitar Rp20 ribu-Rp25 ribu per kilogram.

“Sedangkan untuk harga cabe merah TW Rp30 ribu per kilogram diharga normal,” ucap Dedeh, Selasa (23/4/2019).

Dedeh memperkirakan, setelah mengalami kenaikan harga biasanya tidak akan ada kenaikan yang signifikan mendekati Ramadan nanti.

“Biasanya, kenaikan harga sekitar H-7 Ramadan. Tapi, karena sekarang sudah naik, diperkirakan nanti menjelang Ramadan tidak akan ada naik lagi,” papar Dedeh.

Kata Dedeh, meski saat ini sudah mengalami kenaikan harga, namun di pertengahan Ramadan nanti diperkirakan harga akan kembali turun.

“Setelah harga turun, diperkirakan akan naik lagi menjelang Lebaran,” ungkapnya.

Dede menyebut, kenaikan harga menjelang hari besar dikarenakan berkurangnya pasokan. Sedangkan permintaan pasar terus melonjak.

“Kalau pasokan aman, meskipun banyak permintaan juga harga tidak akan naik,” pungkasnya.

Untuk menjaga kestabilan harga dan ketersediaan bahan pokok makanan, Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung mengadakan Rapat koordinasi data base suplay, deman komoditi pangan strategis.

“Kami mengundang para pemasok bahan pangan. Karena Kota Bandung tidak bisa mengasilkan bahan pangan sendiri, sehingga harus dipasok dari luar daerah,” papar plt Dispangtan Kota Bandung, Elly Wasliah.

Elly mengatakan, selain memastikan stok pangan aman, dalam waktu dekat pihaknya akan melakukan sidak harga pangan ke pasar tradisional dan modern.

“Kita akan memastikan bahwa harga pangan di pasaran tidak melonjak,” tambah Elly.

Disinggung mengenai kenaikan harga ketiga jenis sayuran di pasaran, Elly mengatakan hal itu sudah jadi kebaiasan.

“Dari tahun ke tahun, ketiga komoiti tersebut selalu naik menjelang lebaran dan puasa,” kata Elly.

Untuk pasokan bawang merah, Elly mentakan, dipasok dari Brebes. Sementara cabe merah dipasok dari Banyuwangi, sedankan bawang putih dipasok dari China.

“Jadi untuk bawang putih ketersedian dan harganya diatur oleh pusat,” terangnya.

(mur)

loading...

Feeds

timor

Peledakan Pertama di Timor Leste

POJOKBANDUNG.com, SUBANG – PT. DAHANA (Persero) melakukan first blasting di project kuari Tibar Bay Port Dili Timor Leste, Jumat (12/7/2019). …

UPT Klinik Hewan Dispangtan Layani USG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- UPT Klinik Hewan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung melayani USG untuk hewan-hewan peliharaan. “Sebetulnya, USG ini …