Caleg PKB dan Kades Dilaporkan

LAPOR : Pelapor Sumarawadi menunjukan surat pemanggilan dari pihak Bawaslu Subang, Selasa (23/4/2019).
(foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

LAPOR : Pelapor Sumarawadi menunjukan surat pemanggilan dari pihak Bawaslu Subang, Selasa (23/4/2019). (foto: M.ANWAR/RADAR BANDUNG)

SUBANG- Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Subang melakukan pemanggilan dan pemeriksaan terhadap pelapor dan saksi dalam dugaan money politic yang melibatkan Caleg PKB No.1 Lina Marlina Daerah Pemilihan 4 (Patokbeusi, Ciasem, Blanakan), Selasa (23/4/2019).

“Hari ini saya selaku Pelapor sudah memenuhi pemangilan Bawaslu guna dilakukan pemeriksaan terkait kasus Money Politic yang melibatkan caleg PKB No. 1 Lina Marlina daerah Pemilihan 4 (Patokbeusi, Ciasem, Blanakan),” ujar Sumarawadi kepada awak media. Selasa (23/4/2019).

Selama pemeriksaan yang dilakukan pihak Bawaslu Kabupaten Subang, Sumarawadi mengaku dicecar sebanyak 22 pertanyaan dalam waktu dua jam. “Ya, selama dua jam pemeriksaan saya selaku pelapor dicecar 22 pertanyaan oleh Penyidik Bawaslu dan saya sudah jawab semua apa adanya” kata Sumarawadi.

Selain melaporkan caleg PKB No.1 Lina Marlina daerah Pemilihan 4 (Patokbeusi, Ciasem, Blanakan), Sumarawadi juga melaporkan Kades Ciberes Kecamatan Patokbeusi Edi Permana. “Edi Permana Kades Ciberes terindikasi terlibat money politic, karena Kades tersebut yang membagikan uang kepada para RT untuk dibagikan ke warga agar memilih caleg PKB No.1 Lina Marlina”, ungkapnya.

Selain itu, Sumarawadi juga mengaku sudah menyerahkan barang bukti ke Bawaslu berupa uang kurang lebih Rp.3.000.000,- beserta nama-nama warga yang akan menerima uang tersebut.

Sementara itu Ketua Bawaslu Subang Parahutan Harahap, mengaku Pelapor sudah kita periksa dan barang bukti sudah kita amankan untuk selanjutnya kita akan segera periksa terlapor.

“Jika terbukti Kades Ciberes ikut berpolitik dan melakukan Money Politic untuk mendukung salah satu Calon Legislatif akan dikenakan Sanksi Pidana Hukuman penjara selama 2 Tahun dan Denda Rp. 24 juta,” tegas Parahutan.

Dia juga berjanji, pihaknya akan terus menindaklanjuti kasus ini hingga tuntas.

(anr)

loading...

Feeds

kota

Peran Ulama Sinergikan Pembangunan Kota

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Walikota Bandung, Oded M. Danial memastikan membutuhkan ulama untuk membangun Kota Bandung. Hubungan umara (pemimpin pemerintahan) dengan …
ciamis

Emil Mulai Garap Infrastruktur Ciamis

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyiapkan banyak program pembangunan di Kabupaten Ciamis dalam lima tahun mendatang. Termasuk …

UPT Klinik Hewan Dispangtan Layani USG

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG- UPT Klinik Hewan Dinas Pangan dan Pertanian (Dispangtan) Kota Bandung melayani USG untuk hewan-hewan peliharaan. “Sebetulnya, USG ini …