4.000 Penari Ronggeng Geber Bandung Akan Meriahkan Hari Tari Sedunia

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Hari Tari Dunia (HTD) atau World Dance Day diperingati setiap 29 April. Tahun ini, Masyarakat Seni Rakyat Indonesia (Masri) bekerjasama dengan Disbudpar Kota Bandung dan Disbudpar Provinsi Jawa Barat akan menggelar beberapa acara, diantaranya 4.000 Ronggeng Geber Bandung yang digelar di CFD Dago, Minggu (28/4/2019).

Bahkan Bandung Menari 24 Jam dan Festival Jaipongan yang akan digelar di Gedung Pusat Pengembangan Kebudayaan Jl. Naripan No. 2, Bandung, di hari yang sama.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Dedi Taufik mengatakan, acara 4.000 Ronggeng Geber Bandung memiliki filosofi yaitu budaya adalah kekuatan pariwisata.

“Kegiatan ini untuk kedua kalinya diselenggarakan di Bandung, tahun lalu diikuti oleh 2.000 penari, tahun ini ada 4.000 an penari. Saya pikir filosofinya, budaya adalah kekuatan pariwisata,” kata Dedi, Senin (22/4/2019).

Ia mengatakan, Tari Ronggeng Geber dikemas dengan menyatukan gerakan tubuh dengan alam. Tarian tersebut akan dilakukan oleh 4000 penari secara bersamaan dengan menggunakan properti berupa hihid.

“Propertinya adalah hihid, kita bisa bayangkan 4000 penari melakukan gerakan yang sama, gerakan dengan alam akan menghasilkan angin, serta menghadirkan kesejukan,” katanya.

Dedi mengatakan, Tari Ronggeng Geber merupakan tarian khas Pasundan. Tarian itu biasanya ditampilkan pada saat musim panen tiba.

“Kita sudah bercocok tanam, diberikan suatu kegembiraan yang dikemas dalam satu tarian,” tandasnya.

Tak hanya berasal dari Jawa Barat, 4.000 penari Ronggeng Geber juga berasal dari provinsi lain. Hal itu diharapkan dapat mengenalkan Tari Ronggeng Geber ke tingkat nasional bahkan internasional.

“Ronggeng ini sebenarnya hanya hiburan rakyat, tapi sekarang ada satu ekspansi, sehingga kita kenalkan ke tingkat nasional dan internasional,” ucap Dedi.

(ymi)

loading...

Feeds

Anak Tito Jadi Korban Hoaks

Jagat media sosial sedang ramai membahas video perempuan muda dengan gaya hidup glamor. Turun dari pesawat pribadi, memamerkan tempat tinggal …