Tidak Ada Foto Caleg Warga Bingung Saat Pemilihan

PEMILU : Warga mencari foto caleg di TPS di RW 16 Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Cimahi tengah Kota Cimahi, Rabu (17/4/2019). (foto : GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG)

PEMILU : Warga mencari foto caleg di TPS di RW 16 Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Cimahi tengah Kota Cimahi, Rabu (17/4/2019). (foto : GATOT POEDJI UTOMO/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kurang dikenalnya sosok para Calon Anggota Legislatif (Caleg) membuat warga bingung untuk memilih wakilnya di Parlemen. Terlebih dalam surat suara yang disediakan Komisi Pemilihan Umun (KPU) hanya tertulis nama saja tanpa menyertakan foto caleg.

Padahal dari pantauan dilapangan, khususnya di Kota Cimahi, tampak warga antusias untuk menyalurkan hak pilihnya.

Seperti yang terlihat di RW 16 Kelurahan Karang Mekar Kecamatan Cimahi tengah Kota Cimahi, di RW tersebut ada empat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dengan jumlah pemilih sebanyak 1.006 orang.

Sekretaris RW 16, Harjadi SP mengatakan, sejauh ini kampanye para Caleg kalah oleh kampanye Calon Presiden (Capres) dan Wakil Presiden (Cawapres). Sehingga warga lebih hafal pada capresnya ketimbang caleg.

“Pengakuan masyarakat, kampanye caleg ketutup sama presiden. Sehingga masyarakat pada kurang kenal sosok caleg terlebih surat suara tidak ada foto,” saat ditemui disekitar TPS, Rabu (17/4/2019).

Selain tidak ada foto para Caleg, dia juga mengaku, selama ini tidak pernah ada sosialiasi yang dilakukan baik oleh penyelenggara Pemilu dalam hal ini KPU ataupun dari para calegnya sendiri.

“Kalau diluar ada foto calon tapi pas milih kok nggak ada hanya ada nama saja. Saya saja sempet bingung. Apalagi surat suaranya banyak,” tandasnya.

Tuti (37), salah seorang warga lain juga mengalami hal yang sama. Sebab selama ini dia juga tidak pernah tahu jika surat suara tidak ada gambar caleg yang akan dipilihnya. Lebih parahnya  ia hanya mengetahui nama caleg yang akan dipilih bukan nama asli.

“Saya bingung nyari nama yang mau saya coblos saya bolak balik kok nggak ada. Ya sudah saya coblos partainya saja,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua DPD Partai Golkar Kota Cimahi Ali Hasan mengatakan, masyarakat berharap pemilu kali ini menjadi acuan untuk perbaikan ke depan. Sebab, banyak keluhan yang masuk terkait tidak ada foto caleg.

“Kecuali memilih Presiden mereka tidak bingung karena ada foto calonnya dan sudah mereka kenali. Sedangkan, foto caleg tidak ada. Minimal kalau ada foto di surat suara warga tidak bingung memilih karena hapal wajah caleg,” jelasnya.

Untuk itu, ia berharap ke depan ada perbaikan dan semua keluhan yang masuk akan jadi bahan evaluasi bagi penyelenggara Pemilu. Agar pilihan masyarakat benar- benar pas karena yang mereka pilih memang dikenali.

loading...

Feeds

Anak Tito Jadi Korban Hoaks

Jagat media sosial sedang ramai membahas video perempuan muda dengan gaya hidup glamor. Turun dari pesawat pribadi, memamerkan tempat tinggal …