Seluruh TPS di Talang Kelapa Belum Terima Logistik Pemilu

POJOKBANDUNG.com – Tepat pada hari pemungutan suara Pemilu 2019, masih ada wilayah di Sumatera Selatan (Sumsel) yang belum menerima logistik. Yakni di Kecamatan Talang Kelapa, Kabupaten Banyuasin. Akibatnya, warga yang sudah antre sejak pagi harus kembali pulang sambil menunggu logistik pemilu tiba di Tempat Pemungutan Suara (TPS).


Seperti terjadi di TPS 77 Kelurahan Sukajadi, Kecamatan Talang Kelapa, Banyuasin, Sumsel. Warga yang semula ramai, kini terlihat sepi. Hal serupa juga terjadi di TPS 54, TPS 30 dan TPS lainnya di Kecamatan Talang Kelapa.

Saat dikonfirmasi, Ketua KPU Sumsel Kelly Mariana mengakui adanya keterlambatan pengiriman logistik pemilu. Hal itu terjadi hampir diseluruh TPS di Kecamatan Talang Kelapa. Penyebabnya, logistik pemilu yang diterima KPU Banyuasin masih kurang. Kemudian saat surat suara datang masih harus terlebih dahulu disortir dan dilipat.

“Ini perlu waktu dan alhamdulillah selesai dini hari,” kata Kelly saat ditemui TPS 058 Kelurahan 8 Ilir, Kecamatan Ilir Timur III Palembang, Rabu (17/4).

Saat logistik pemilu akan dikirim terjadi miskomunikasi. Perintah atasan bahwa satu truk sudah terisi untuk segera berangkat. Namun petugas yang bawah mendengar baru berangkat jika semua truk terisi penuh logistik. Akibatnya terjadi keterlambatan dalam pendistribusian ke TPS. Kini, truk logistik telah diberangkatkan sejak pukul 05.00 WIB dan diprediksi sampai ke TPS secara bertahap.

Berdasarkan PKPU bahwa semua warga dapat terakomodir sebelum pukul 13.00 WIB. Artinya, setiap warga tetap dapat memilih hingga waktu yang telah ditetapkan. Namun jika melewati waktu, maka tidak boleh lagi untuk memilih. “Kami harap masyarakat mengerti. Karena kami tentunya tidak ingin seperti ini. Untuk itu, saya mohon untuk bersabar,” ucapnya.

Loading...

loading...

Feeds