Rp5 Miliar untuk Pengadaan 550 PJU

ILUSTRASI : Pekerja memasang lampu penerangan jalan untuk melengkapi fasilitas umum. (foto : IST)

ILUSTRASI : Pekerja memasang lampu penerangan jalan untuk melengkapi fasilitas umum. (foto : IST)

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Pemerintah Kabupaten Bandung Barat, segera memasang sebanyak 200 titik pembangunan PJU (penerangan jalan umum) di 40 desa dan lima kecamatan. Rencanya pemasangan tersebut bakal rampung selurhnya di tahun 2019.


Adapun lima kecamatan yang akan dipasangi PJU, yakni Kecamatan Sindangkerta, Cipongkor, Saguling, Gununghalu dan Rongga.

Kepala Dinas Perhubungan Kabupaten Bandung Barat, Ade Komarudin mengatakan, saat ini pihaknya telah memasang sejumlah PJU di beberapa titik secara bertahap. Khusus PJU yang CSR ini secara bertahap sudah dipasang di beberapa titik.

“Lokasinya khusus di jalan desa seperti pusat keramaian warga ada sekitar pesantren, masjid dan lainnya. Artinya bukan di jalan kabupaten,” kata Ade di Ngamprah, belum lama ini.

Menurut Ade, bantuan CSR ini totalnya mencapai 1.000 PJU. Namun setiap tahun akan dipasang sebanyak 200 PJU. Bantuan tersebut sangat membantu pemerintah daerah dalam menambah kekurangan PJU yang belum tersentuh terutama di selatan.

“Setiap tahun sekitar 200 PJU kita pasang. Jadi seluruh desa dan kecamatan bisa terpasang secara bertahap nantinya,” kata Ade.

Ade menambahkan, selain PJU dari CSR, tahun ini juga dari APBD menganggarkan sekitar Rp5 miliar untuk pengadaan 550 PJU. Saat ini proses di ULP masih berlangsung dan ditargetkan akhir April pemasangan sudah bisa dilaksanakan.

“Total ada 550 PJU yang dari APBD tahun ini. Itu termasuk pembangunan PJU baru dan pemeliharaan yang lama. Untuk satu PJU memiliki harga sekitar Rp 10 juta hingga Rp 12 juta. Nanti PJU itu akan difokuskan di jalan kabupaten. Persentasenya lebih banyak di selatan tapi di utara dan tengah juga tetap dipasang,” terangnya.

Ade menyebutkan, dengan banyaknya PJU yang terpasang di tahun ini, untuk menyukseskan program ‘KBB Caang’ yang dicanangkan Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna dalam meningkatkan keselamatan dan keamanan lalu lintas di jalan. Sehingga dampak lainnya kawasan menjadi tertata, indah, dan bisa mendongkrak ekonomi baru bagi masyarakat.

“Dengan tambahan PJU baru ini pada dasarnya untuk memberikan keselamatan dan kenyamanan bagi masyarakat di jalan raya pada malam hari. Kami berupaya terus agar seluruh jalan dari mulai jalan desa hingga kabupaten khususnya di pelosok daerah bisa lebih terang dengan hadirnya PJU baru,” pungkasnya.

(bie)

Loading...

loading...

Feeds

BP JAMSOSTEK Sambut Bulan K3 Nasional

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG–Indonesia memperingati Bulan Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Nasional pada tanggal 12 Januari sampai dengan 12 Februari setiap tahunnya. …

Sajian Makan Siang Murah Meriah ala Hotel

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Istirahat makan siang menjadi momen yang paling ditunggu, terutama oleh para karyawan perkantoran. Namun waktu yang terbatas, …