KPU KBB Siapkan Pengganti Surat Suara Rusak

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung Barat terus lakukan sosialisasi pemilu 2019 di H-3 pencoblosan dan hari ini bertempat di Alun-alun Cililin, Bandung Barat, Minggu (14/4/2019), yang dimeriahkan dengan sejumlah hiburan musik.

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung Barat terus lakukan sosialisasi pemilu 2019 di H-3 pencoblosan dan hari ini bertempat di Alun-alun Cililin, Bandung Barat, Minggu (14/4/2019), yang dimeriahkan dengan sejumlah hiburan musik.

POJOKBANDUNG.com, CILILIN – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung Barat (KBB) telah menerima pengganti surat suara yang rusak sebanyak 20 ribu lembar dari KPU Provinsi Jawa Barat, Minggu (14/4/2019).

Sebelumnya, Ketua KPU KBB, Adi Saputro pada Selasa (26/3/2019) sempat mengatakan bahwa 20 ribu surat suarapemilu 2019 didapati rusak saat proses sortir dan lipat. Kerusakan surat suara itu ditemukan pada lima jenis surat suara, seperti DPR RI, DPRD Jabar, DPRD Kabupaten, DPD RI, dan Pilpres.

“Hari ini surat suara pengganti yang rusak sudah datang ke provinsi dan saya upayakan sore ini sudah ada di gudang agar dapat langsung disortir serta besok bisa didistribusikan kembali ke wilayah-wilayah,” katanya di Cililin.

Adi juga meminta kepada panitia pemilihan kecamatan (PPK) dan kelompok penyelenggara pemungutan suara (KPPS) agar pendistribusian logistik terlebih dahulu pada logistik yang lengkap, misal surat suara atau kotak suara.

“Saya juga minta untuk didistribusikan ke lokasi (TPS) terjauh dahulu agar ketika nanti ada kekurangan-kekurangan yang masuk bisa oleh wilayah terdekat untuk mengamankannya,” ujarnya.

Adi juga menambahkan secara keseluruhan dari data yang ada di KPU terdapat sisa surat suara sekitar dua persen dari kebutuhan KPU KBB atau setara 26 ribuan surat suaracadangan. Sedangkan yang akan menggunakan hak pilih ada 5 ribu, DPK ada 3 ribu, sehingga ada ruang surat suaracadangan.

Ketika disinggung soal jumlah warga masyarakat yang melakukan pencoblosan pindah pilih, Adi pun mengatakan pindah pilih memiliki dua kategori, yakni DPTb keluar dan DPTb masuk.

“Untuk pencoblos yang keluar dari domisilinya ada sekitar 3 ribu orang dan yang masuk ada 5 ribu orang,” katanya

Adi mengatakan kegiatan sosialisasi terus-menerus pemilu kepada warga masyarakat dengan tujuan dapat meningkatkan angka partisipasi masyarakat hingga melampaui target nasional yang sebesar 77,5 persen.

“Kami harap bisa raih 80 persen angka partisipasi warga masyarakat dalam pilpres dan pileg ini. Jadi, kami terus lakukan sosialisasi juga bimtek di desa-desa dan kecamatan sekaligus lakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara,” katanya di lokasi.

Tak hanya sosialisasi, Adi pun menyebut KPU saat ini sedang lakukan pendistribusian logistik pemilu 2019, seperti kotak suara dan surat suara yang sebelumnya telah ada di kecamatan kini sudah ke tingkat desa-desa.

“Kami harap satu hari sebelum pencoblosan semua logistik sudah ada di setiap TPS,” ujarnya.

(bie)

 

loading...

Feeds

Tim Alpha dan KAMMu Kawal Rekapitulasi Suara

POJOKBANDUNG.com, RELAWAN Pasangan Capres nomor urut 01 Jokowi-Amin Tim Alpha dan Korps Angkatan Muda Muhamadiyah (KAMMu) Jawa Barat, diminta tidak lengah …

Relawan Jabar Tahan Suara Pasangan 02

Perolehan suara pasangan Prabowo-Sandiaga seolah tidak goyah untuk wilayah Jawa Barat. Meski demikian, Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Barat, mengklaim …

Janji Palsu Pihak SMA Pelita Nusantara

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Niat menyekolahkan anak di sekolah yang layak, namun tidak sesuai harpan. Hanya kekecewan yang didapat. Itulah yang …
cisumdawu

Tol Cisumdawu Siap Digunakan Pemudik

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat menerima informasi terbaru terkait kesiapan sebagian ruas Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), untuk mudik …
beasiswa BI

18.565 Mahasiwa Dapat Beasiswa BI

POJOKBANDNG.com, BANDUNG – Program Beasiswa Bank Indonesia dalam bentuk GenBI memasuki tahap pelantikan dan leadership camp. Program tersebut rupanya mendapatkan …
groundbreaking

Groundbreaking Tol NS Link Tunggu Jokowi

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Provinsi Jawa Barat masih menunggu kepastian jadwal Istana Negara terkait rencana Presiden Joko Widodo, memimpin groundbreaking …
seragam

Pikat Pemilih, KPPS Pakai Seragam SMA

POJOKBANDUNG.com, SUBANG- Untuk menarik minat dan meningkatkan jumlah partisifasi warga dalam menggunakan hak pilihnya pada Pemilu 2019 ini, Kelompok Panitia …
bidding

Lelang Jabatan Masih Sepi Peminat

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Panitia pelaksana seleksi open bidding Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cimahi belum menerima satupun berkas lamaran dari Aparatur …