Perkuat Branding Kota Bandung, Pemkot-IMA Berkolaborasi

Presiden IMA Chapter Bandung, Lina Aulina (tengah) saat wawancara usai seminar dan pelantikan IMA Chapter Bandung di Hotel Aryaduta, Jalan Sumatera, Selasa (9/4).

Presiden IMA Chapter Bandung, Lina Aulina (tengah) saat wawancara usai seminar dan pelantikan IMA Chapter Bandung di Hotel Aryaduta, Jalan Sumatera, Selasa (9/4).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemkot Bandung dan Indonesia Marketing Association (IMA) berkolaborasi memperkuat branding Kota Bandung sebagai pusat tujuan internasional dan pariwisata. Dengan begitu daya saing Kota Bandung bisa semakin menonjol baik di level nasional maupun internasional.


Presiden IMA Chapter Bandung, Lina Aulina mengatakan, sektor pariwisata menjadi andalan Kota Bandung. Apalagi selama ini beberapa usaha telah dikenal seperti kuliner dan fesyen.

“Industri pariwisataya jadi leading sektor. Seperti aspek wisata kuliner, fesyen, wisata budaya. Ada 16 sektor potensi yang bisa dijual,” ujar Lina dalam acara seminar dan pelantikan IMA Chapter Bandung di Hotel Aryaduta, Jalan Sumatera, Selasa (9/4).

Melalui tema yang diangkat yakni How To Make Bandung Become The Center Of International Destinatio dan Tourism for A Sustainable Economic Develelopment, dirinya yakin para praktisi pemasaran bisa turut menyumbangkan pemikirannya untuk mendongkrak daya saing wisata Kota Bandung. Lina menyebut salah satu cara untuk mendongkrak yakni dengan menggali potensi wisata lainnya yang harus dioptimalkan.

“Masih ada potensi destinasi yang harus dioptimalkan. Ada beragam potensi yang dimiliki Bandung seperti ukm dan jasa. Untuk mendongkrak pariwisata itu, memang harus kolaborasi semua stakeholder. IMA sangat berharap, kami menjadi bagian sytakeholder. Yang baru bisa dilakukan yakni berkontribusi untuk pariwisata Kota Bandung,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, sekretaris Daerah (Sekda) Kota Bandung, Ema Sumarna meyakini dengan potensi dari para anggota IMA ini mampu melambungkan produk Kota Bandung‎. Apalagi produk Kota Bandung mempunyai kualitas dan karaker kuat. Hanya tinggal memerlukan sentuhan strategi pemasaran yang tepat agar bisa menjangkau sasaran.

‎”IMA ini kan boleh dikatakan kumpulan orang-orang di bidang pemasaran atau marketing. Kota Bandung membutuh itu. Kita tidak boleh puas dengan kondisi sekarang. Branding pun belum final. Kita harus pikirkan agar memiliki daya saing jauh lebih baik dibanding kondisi sekarang,” katanya.

Di samping itu, Ema memaparkan banyaknya industri kreatif yang mampu menembus pasar dunia. Hal itu turut memberikan ciri khas bagi Kota Bandung semakin dikenal luas. Itu juga yang menjadi indikator Sumber Daya Manusia (SDM) warga Kota Bandung sangat diperhitungkan.

‎”Semoga masyarakat merasakan manfaat IMA. IMA bisa menjadikan kota bandung sebagai destinasi pariwisata,” terangnya.

Ema berharap suatu saat nanti pariwisata Indonesia tidak hanya menonjolkan Pulau Bali saja. Namun, kehadiran Kota Bandung juga turut menjadi identitas bagi wisatawan mancanegara.

Ema mengaku, Pemkot Bandung telah menyiapkan konsep besar untuk pengelolaan Kota Bandung. Namun agar strategi yang dijalankan semakin kuat, maka membutuhkan dukungan dari berbagai pihak.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds