Kolam Retensi Gedebage Ditarget Selesai Akhir 2019

AKTIVITAS: Sejumlah warga saat beraktivitas di Kolam Retensi Sirnaraga, Kota Bandung, Selasa (26/3). 
(foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

AKTIVITAS: Sejumlah warga saat beraktivitas di Kolam Retensi Sirnaraga, Kota Bandung, Selasa (26/3). (foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota Bandung menargetkan pembangunan kolam retensi di kawasan Gedebage selesai akhir 2019. Proyek dengan anggaran Rp10 miliar itu diharapkan menjadi solusi banjir di wilayah timur kota kembang.


Sekretaris Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Bandung, Dudy Prayudi mengatakan, saat ini sejumlah persiapan terus dilakukan untuk mematangkan proyek tersebut. Mulai dari tahapan penyempurnaan desain, hingga masalah teknis lainnya.

“Sekarang sedang tahap penyempurnaan, kordinasi terus dengan tim ahli. Saya harap di April bisa ditayangkan (dalam lelang). Kalau tidak ada halangan Juni mulai konstruksi,” katanya, saat ditemui di Taman Sejarah, Jalan Aceh, Kota Bandung, Selasa (9/4/2019).

Dia menjelaskan, secara prinsip kolam retensi yang akan dibangun itu berfungsi sebagai tempat penampungan air. Sehingga air yang mengalir di Sungai Cinambo Lama tidak meluap ke jalan raya.

“Intinya menahan air yang dari atas, parkir dulu. Sekitar berapa menit, kemudian masuk lagi ke sungai. Jadi minimal dampak banjir tidak banyak,” ucapnya.

Dia melanjutkan, anggaran untuk pembangunan kolam retensi tersebut mencapai Rp10 miliar. Diharapkan pembangunan retensi Gedebage bisa selesai dan dioperasikan di akhir tahun ini.

“Kita prioritaskan pembangunannya dan dioperasikan di akhir tahun ini,” katanya.

Meski begitu, pihaknya tidak menjamin pembangunan retensi Gedebage bisa menyelesaikan masalah banjir di wilayah timur. Tapi, kata dia, minimal mengurangi dampak dari banjir tersebut.

“Minimal dampak banjir tidak banyak. Ternyata misal banjir asalnya 30 centimeter menjadi 10 centimeter. Jadi belum tentu 100 persen,” pungkasnya.

(arh/dtk)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …