Pemkot Bandung Naikan Tarif Parkir Pinggir Jalan

(foto:ilustrasi)
Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menaikan tarif parkir kendaraan di pinggir jalan. Kenaikan tarif itu dinilai bisa menurunkan kemacetan yang selama ini kerap terjadi disejumlah tititk di kota kembang.

Walikota Bandung, Oded M Danial menegaskan, tarif parkir dipingir jalan harus lebih mahal ketimbang parkir di dalam gedung.

(foto:ilustrasi) Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menaikan tarif parkir kendaraan di pinggir jalan. Kenaikan tarif itu dinilai bisa menurunkan kemacetan yang selama ini kerap terjadi disejumlah tititk di kota kembang. Walikota Bandung, Oded M Danial menegaskan, tarif parkir dipingir jalan harus lebih mahal ketimbang parkir di dalam gedung.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana menaikan tarif parkir kendaraan di pinggir jalan. Kenaikan tarif itu dinilai bisa menurunkan kemacetan yang selama ini kerap terjadi disejumlah tititk di kota kembang.


Walikota Bandung, Oded M Danial menegaskan, tarif parkir dipingir jalan harus lebih mahal ketimbang parkir di dalam gedung.

“Ini sejalan dengan upaya kita untuk menekan kemacetan dan meningkatkan pendapatan,” jelas Oded, Senin (8/4/2019).

Oded menjelaskan, jika tarif parkir di pingir jalan lebih murah. Akibatnya akan tambah banyak kendaraan yang parkir dan bakal menambah kesemerawutan yang berakibat pada kmacetan.

Karenanya, lanjut Oded, Pemkot Bandung bersama Asosiasi Pengelola Pusan Belanja Indonesia (APPBI), akan melakukan kajian kemungkinan perubahan tarif di dalam gedung.

“Karena penyesuaian tarif ini juga sudah lama tidak kita lakukan, terakhir lima tahun yang lalu, jadi wajar kalau sekarang ada penyesuaian,” tuturnya.

Kata Oded, APPBI membutukan kajian terkait penyesuaian tarif parkir ini. Pasalnya investasi, perawatan dan biaya operasional gedung parkir harus dipikirkan karena sangat mahal.

“Jika melihat inflasi dibandingkan 5 tahun lalu, ya memang harus ada kajian untuk penyesuaian tarif,” tutur Oded.

Menurut Oded, APPBI bersedia mengelola seluruh tempat parkir di Kota Bandung yang jumalnya ada 31.

“Selain itu, mereka juga bersedia mengelola parkir di kantong-kanton parkir lain yang akan disediakan Pemkot Bandung,” tambahnya.

Seperti diketahui, tarif parkir gedung kendaraan roda dua saat ini Rp1.500 flat jam-jam berikutnya. Sedangkan untuk kendaraan roda empat Rp3.000 flat jam-jam berikutnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Kota Bandung, Ricky Gustiadi mengatakan, pihaknya menyambut baik rencana tersebut. Ia juga akan secepatnya melakukan berbagai kajian.

“Setelah melakukan kajian, kita akan membicarakan hal teknis.
Untuk besaran tarifnya akan dilakukan sesuai arahan Walikota Bandung,” pungkasnya.

(mur)

Loading...

loading...

Feeds

Nakes di Bandung Rasakan Efek Vaksin Covid-19

POJOKBANDUNG.com , BANDUNG – Tahap pertama pelaksanaan suntik vaksin Covid-19 di Kota Bandung sudah dimulai, Kamis (14/1/2021). Sejumlah Puskesmas dan …