KPU Bandung Barat Kenalkan Lima Macam Surat Suara

SOSIALISASI: Ketua KPU KBB Adie Saputro saat menjelaskan jenis warna kertas suara pada pemilu 17 Aprl mendatang di Nampah, kemarin.
( FOTO : HABIBIE/RADAR BANDUNG )

SOSIALISASI: Ketua KPU KBB Adie Saputro saat menjelaskan jenis warna kertas suara pada pemilu 17 Aprl mendatang di Nampah, kemarin. ( FOTO : HABIBIE/RADAR BANDUNG )

POJOKBANDUNG.com, NGAMPRAH – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Bandung Barat bersama Forum Studi Lingkar (Fosil) menyelenggarakan kegiatan sosialisasi pemilu 2019 terhadap pelaku seni dan komunitas calung di Desa Cilame, Kecamatan Ngamprah, Senin (8/4/2019).

Pemilihan Presiden (Pilpres) dan Pemilu Legislatif (Pileg) 2019 yang jatuh pada tanggal 17 April  tinggal sembilan hari lagi. Puluhan warga Cilame tampak antusias melihat pemaparan sosialisasi yang dilakukan oleh Ketua KPU KBB, Adi Saputro. Tak hanya Ketua KPU KBB, Kepala Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Desa (LPMD) Cilame, Asep Jabar pun tampak hadir dalam sosialisasi pemilu 2019 ini.

Adi Saputro menjelaskan kepada warga terkait prosedur pencoblosan dan menjelaskan lima jenis surat suara, seperti surat suara presiden (abu-abu), DPR RI (kuning), DPD (merah), DPRD Provinsi (biru), dan DPRD Kabupaten/Kota (hijau).

“Mari pada Rabu (17/4/2019) datang ke tempat pemungutan suara (TPS) masing-masing untuk menyalurkan hak pilih. Tapi, terlebih dahulu pastikan nama kita masuk dalam daftar pemilih tetap (DPT) dengan cari tahu di desa atau bisa melalui website www.lindungihakpilihmu.kpu.go.id dengan memasukan nama dan NIK,” kata Adi di Cilame.

Tak sedikit masyarakat yang sudah menentukan pilihannya,  baik untuk calon presiden maupun calon anggota legislatif Namun dari mereka masih banyak yang kebingungan dengan tata  cara menyalurkan pilihnya.

Sementara pelaku seni dan komunitas calung yang hadir sekitar 100 orang. “Inikan baru pertama kali pilpres dan pileg dilaksanakan serentak. Apalagi saat ini ada lima surat suara, khawatirnya salah mencoblos.,” katanya.

Ketua KPU kabupaten Bandung Barat Adie Saputro membenarkan Pemilu 2019 berbeda dengan Pemilu 2014. Sebelumnya penyelenggaraan  pilpres dan pileg berjarak sekitar dua bulan.

“Pemilu sekarang berbeda dilaksanakan serentak.  Ada lima surat suara dengan warna berbeda yang harus dicoblos,” kata Adie.

Ia menjelaskan surat suara untuk presiden dan wakil presiden berwarna abu-abu. Adapun surat suara pemilu untuk anggota DPR RI berwarna kuning.

“Surat suara warna merah digunakan untuk memilih anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD RI). Sementara surat suara warna biru untuk memilih anggota DPRD Provinsi Jabar dan untuk Kabupaten Bandung Barat surat suaranya berwarna hijau,” jelasnya.

(bie)

loading...

Feeds

Kritik Rekam Jejak Pansel Capim KPK

Catatan kurang sedap mengiringi perjalanan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Mencuat jejak rekam (track …
SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …