Berglust Sempat Jadi Sarana Ritual Pesugihan

(foto: PRADANA/RADAR BANDUNG)  SUASANA : Sudah lama terbengkalai, Kolam Renang Berkleus kini dijadikan tempat memancing oleh warga sekitar Jalan H. Sukimun, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

(foto: PRADANA/RADAR BANDUNG) SUASANA : Sudah lama terbengkalai, Kolam Renang Berkleus kini dijadikan tempat memancing oleh warga sekitar Jalan H. Sukimun, Kelurahan Baros, Kecamatan Cimahi Tengah, Kota Cimahi.

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Belasan tahun tak dirawat, Kolam Renang Berglust jadi tujuan wisata mistis. Bahkan, ada pula masyarakat yang memanfaatkan lokasi tersebut untuk ritual pesugihan.


Kemungkinan, sebagian masyarakat memilih lokasi tersebut untuk dijadikan tempat mediasi hal gaib, lantaran suasana di area kolam renang itu cukup menyeramkan. Hampir setiap sudutnya dikelilingi oleh patung, pohon tua besar, serta bangunan kosong dan rusak, menambah lengkap rasa penasaran masyarakat untuk menggali suatu hal mistis di Berglust, yang berlokasi di Jalan Sukimun, RT 01/RW 04 Kelurahan Baros Kota Cimahi.

Berdasarkan mitos yang beredar dari cerita beberapa pengunjung dan warga sekitar, hamper setiap tahunnya selalu ada korban meninggal dunia di area kolam renang.

“Betul banyak cerita mistisnya. Bagi orang lain mau percaya atau enggak, itu tergantung pribadi masing-masing,” ujar Waluyo Slamet, Ketua RT 01, saat ditemui, Senin (8/4).

Ia pun tak kaku ketika menceritakan hal mistis, yang selama ini terjadi di sekitar area kolam renang.

“Kalau lagi kebetulan, sosok penunggu di sekitaran area Berkleus bisa muncul kapan saja. Misalnya, sosok seorang wanita di bekas kamar mandi, ada juga kakek tua,” katanya.

Keangkeran Kolam Renang Berglust, yang pada tahun 1920 merupakan kediaman milik seorang Belanda yang kaya raya, Van Lugh, sampai ke telinga seorang artis dan youtuber, Risa Sarasvati, yang melakukan perjalanan menguak kisah misteri di tempat itu beberapa waktu lalu.

Loading...

loading...

Feeds