Perbaikan Tanggul Jebol Tunggu Musim Kemarau

(foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG) 
MEMBERESKAN: Petugas gabungan beserta warga dan relawan membersihkan lumpur dan sampah pasca banjir di SDN 160 Ajitunggal Cijambe, Kota Bandung, Rabu (3/4/2019).

(foto: TAOFIK ACHMAD HIDAYAT/RADAR BANDUNG) MEMBERESKAN: Petugas gabungan beserta warga dan relawan membersihkan lumpur dan sampah pasca banjir di SDN 160 Ajitunggal Cijambe, Kota Bandung, Rabu (3/4/2019).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung segera memperbaiki tanggul Sungai Cicalobak yang jebol hingga menyebabkan banjir di SDN 106 Ajitunggal, Kecamatan Ujungberung, Kota Bandung beberapa waktu lalu. Akan tetapi perbaikan secara permanen tak akan dilakukan dalam waktu dekat, melainkan menunggu musim kemarau.


Sekertaris Dinas (Sekdis), Pekerjaan Umum (PU), Kota Bandung, Dudi Prayudi mengatakan, untuk sementara perbaikan dilakukan menggunakan bronjong dan karung pasir. Namun air masih rembes saat aliran sungai deras atau hujan.

“Untuk rembesan kita terus kontrol di lapangan. Petugas selalu standby melakukan pengecekan,” ujar Dudi, Minggu (7/4/2019).

Dudi menuturkan, perbaikan permanen saat ini masih dalam tahap penghitungan kerusakan. Nantinya hitungan tersebut akan disesuaikan dengan anggaran perbaikan. Pihaknya belum bisa memastikan berapa anggaran yang harus dikeluarkan untuk biaya perbaikan. Sebab hal tersebut masih dihitung oleh tim teknis secara detail.

“Setelah musim hujan reda, Insya Allah kita permanenkan. Untuk anggaran, nanti ada perhitungan yang lebih detail teknis berdasarkan kondisi kerusakan dan penanganannya,” katanya.

Selain membuat tanggul sementara, pihaknya juga menyiagakan pompa di lokasi. Sehingga saat sungai deras bisa dipompa dan tidak meluap menyebabkan banjir kembali ke sekolah dan pemukiman warga.

“Petugas dan pompa kita stanby di sana. Sewaktu-waktu dibutuhkan, jadi sudah siap,” pungkasnya.(arh/dtk)

Loading...

loading...

Feeds