Tak Perlu Keluar Negeri, Pemeriksaan Gen Bisa Dilakukan di Indonesia

MENERANGKAN: Regional Prodak Eksekutif Area Prodia West Java, Riska Widyasari menerangkan inovasi terbaru , Prodia Genomik, di Bandung, Sabtu (6/4).

MENERANGKAN: Regional Prodak Eksekutif Area Prodia West Java, Riska Widyasari menerangkan inovasi terbaru , Prodia Genomik, di Bandung, Sabtu (6/4).

POJOKBANDUNG.com BANDUNG – Memasuki era next generation medicine, Laboratorium Klinik Prodia terus lakukan inovasi. Salah satunya meluncurkan pemeriksaan Genomik yang disebut Prodia Genomik.

Regional Head Prodia Jawa Barat,
Mona Yolanda mengatakan, Genomik adalah bidang yang mempelajari genom, yakni ilmu untuk memahami bagaimana akibat dari interaksi antar gen serta pengaruh lingkungan terhadapnya.

Kata Mona, manusia memiliki sekitar 100 triliun sel di dalam tubuhnya. Disetiap sel terdiri dari kromosom yang tersusun dari susunan DNA. Susunan DNA tersebut di tiap manual 99,9 persen sama, namun terdapat perbedaan 0,1 persen.

“Perbedaan ini telah menghasilkan keragaman seperti tinggi badan, warna rambut, warna mata, warna kulit, serta kerentanan terhadap penyakit,” ucap Mona saat seminar dokter bertajuk Good Doctor for Better Disease Prevention – Seminar on Disease Prevention Through the Power of Genomic Testing, di Bandung, Sabtu (6/4/2019).

Mona menjelaskan, pemeriksaan Genomik dapat dimanfaatkan untuk berbagai hal, tergantung jenisnya. Misalnya memperkirakan risiko, diagnosis, monitoring, juga pemilihan obat dan gaya hidup berdasarkan gen.

“Pemeriksaan Genomik cukup dilakukan satu kali seumur hidup. Keberhasilan pemeriksaan ini memperediskikan untuk pemeriksaan gen yang sangat akurat,” imbuhnya.

Dalam kesempatan yang sama, Regional Prodak Eksekutif Area Prodia West Java, Riska Widyasari menambahkan, pemeriksaan Genomik dengan teknologi terbaru membuka paradigma baru dalam menilai resiko penyakit yang mendukung preventive medicine.

“Melalui pemeriksaan ini secara tak langsung kami mengkampanyekan bahwa lebih baik mencegah dari pada mengobati, sekaligus mengajak warga agar lebih dini memeriksakan kesehatan,” pungkasnya.

(arh)

loading...

Feeds

Kritik Rekam Jejak Pansel Capim KPK

Catatan kurang sedap mengiringi perjalanan Panitia Seleksi (Pansel) Calon Pimpinan (Capim) Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) 2019-2023. Mencuat jejak rekam (track …
SIMBOLIS : Peresmian secara simbolis monumen Gor Sasakawa yang dibangun di Jalan Padjadjaran, Bandung, disaksikan langsung oleh Sekjen KKI Pusat, Ketum Forki Jabar, Wali Kota Cimahi, Wakil Wali Kota Cimahi, Kasubdisbinor Disjasad, Ketum Forki Kota Cimahi dan pengurus, serta perwakilan pengurus perguruan-perguruan yang ada di Cimahi.

Kuatkan Tali Persaudaraan

CIMAHI – Keluarga besar Vira Prakarsa Yudha Sawa Dojo, Kushinryu M Karatedo Indonesia (KKI) melaksanakan buka puasa bersama dengan 400 …