Citibank Indonesia Bukukan Laba Bersih Rp2 Triliun

CEO Citibank, Batara Sianturi, saat acara media briefing di Hotel Aryaduta Bandung, Kamis (4/4).

CEO Citibank, Batara Sianturi, saat acara media briefing di Hotel Aryaduta Bandung, Kamis (4/4).

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Citibank Indonesia membukukan laba bersih sebesar Rp2 triliun pada 2018. Tercapainya laba ini terdorong pertumbuhan kredit yang mencapai double digit.


Hal tersebut disampaikan oleh CEO Citibank, Batara Sianturi, saat acara media briefing di Hotel Aryaduta Bandung, Kamis (4/4/2019).

Batara mengatakan, pihaknya menargetkan laba pertumbuhan kredit sebesar 8% pada 2018. Kenyataannya, pertumbuhan kredit Citibank meningkat 3 kali lipat.

“Target pertumbuhan kredit Citibank di 2018 cuma 8% menjadi 26%, demikian juga DPK target cuma 8%, hasilnya 10% di 2018,” ujar Batara kepada wartawan.

Batara menyebut, portofolio kredit Citibank di akhir kuartal keempat meningkat 26% year on year (yoy) menjadi Rp49,9 triliun.

“Kontribusi utama pertumbuhan portofolio kredit berasal dari lini bisnis institutional banking, terutama pada sektor industri manufaktur, pertambangan dan perantara keuangan (financial intermediary),” tandasnya.

Menurut Batara, hal ini juga diitunjang oleh kualitas dana pihak ketiga (DPK) berkelanjutan yang tumbuh sebesar 10% dan memungkinkan Citibank meningkatkan rasio lending to funding (RIM) yang solid sebesar 80,9%.

“Meski pertumbuhan aset Citibank signifikan, kata dia, tingkat kecukupan permodalan serta kualitas aset Citibank tetap kuat dengan rasio kewajiban penyediaan modal minimum (KPMM) sebesar 23,53% dan rasio non performing loan bruto dan neto masing-masing sebesar 2,27% dan 0,52%,” sebutnya.

Dalam lini institutional banking, lanjut dia, Citibank  memberikan konten serta solusi end to end dalam merespons perubahan kebutuhan klien dengan memanfaatkan seluruh kapabilitas yang relevan dari Citibank. Corporate and Investment Banking  Group juga turut menyediakan produk-produk dan layanan yang memberikan solusi nilai tambah untuk para klien institusional, memanfaatkan jaringan berskala global, serta fokus pada institusi-institusi unggul di berbagai sektor.

Sementara itu dalam lini Consumer Banking, Citibank telah meluncurkan kampanye “Live Large”, yang memberikan ekstra data 20 GB untuk menikmati gaya hidup urban digital para pemegang kartu kredit Citi Telkomsel serta beragam keuntungan spesial lainnya. Tak hanya itu, Citibank juga meluncurkan kampanye “Bring More Home”, yang memberikan tambahan 20 kg alokasi bagasi di atas ketentuan bagasi saat ini untuk kelas ekonomi dan bisnis bagi para pemegang kartu kredit Garuda Indonesia Citi.

Di lini digital banking, Citibank telah melakukan perubahan dalam tampilan aplikasi Citi Mobile khusus untuk pemegang kartu kredit agar nasabah dapat merasakan pengalaman digital yang lebih seamless dan menyenangkan, dan hal ini menjadi salah satu faktor yang meningkatkan jumlah pengguna aktif mobile banking sebesar dua kali lipat selama 2018.

Dalam hal Corporate Social Responsibilities, Citibank juga memperkuat komitmennya dalam membantu mencapai Tujuan Pembangunan Berkelanjutan terhadap generasi muda Indonesia dengan menandatangani MoU bersama dengan Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) RI. Selain itu, Citibank juga mendukung empat institusi nirlaba untuk melaksanakan lima program selama periode 2018-2019 melalui dana hibah Citi Foundation.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds