Mesin Transaksi Kartu Tani Jadi Pajangan

PERCOBAAN : Seorang petugas mencoba mesin EDC, Kartu Tani masih belum berfungsi meskipun sudah ada saldonya.(foto :  WHISNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

PERCOBAAN : Seorang petugas mencoba mesin EDC, Kartu Tani masih belum berfungsi meskipun sudah ada saldonya.(foto : WHISNU PRADANA/RADAR BANDUNG)

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Mesin Electronic Data Capture (EDC) yang difungsikan sebagai alat transaksi Kartu Tani hingga saat ini hanya menjadi pajangan.


Dua toko tani di Kota Cimahi yang dipercaya sebagai tempat transaksi Kartu Tani, tak pernah memfungsikan mesin EDC. Padahal, Kartu Tani dari pemerintah pusat diharapkan bisa mempermudah transaksi kebutuhan pertanian para petani.

Sejak 1 April 2019, dari total 644 Kartu Tani yang sudah diserahkan kepada petani, sebanyak 459 kartunya sudah diisi kuota pupuk bersubsidi, sehingga sudah bisa untuk digunakan oleh petani di Kota Cimahi.

Pemilik Toko Tani Jaya yang ada di Jalan Kolonel Masturi, James Hermawan, mengatakan, belum dimanfaatkannya Kartu Tani untuk membeli pupuk bersubsidi di tokonya itu karena hingga saat ini masih banyak petani yang belum mengerti cara penggunaannya.

“Kalau mesin EDC dari dulu sudah ada, tapi hanya jadi hiasan aja ga pernah dipakai. Petani yang datang kesini menggunakan kartu tani untuk membeli pupuk masih jarang katanya bingung,” ujarnya saat ditemui di tokonya, Rabu (3/4/2019).

Dia mengatakan pernah salah satu petani yang datang ke tokonya ingin membeli pupuk menggunakan Kartu Tani, namun gagal.

“Pernah ada, kita coba gesek tapi ternyata masih belum bisa. Padahal informasinya sudah bisa digunakan karena sudah ada saldonya. Mungkin karena itu juga petani malas pakai kartunya,” ungkapnya.

Faktor lain petani belum menggunakan kartu tersebut karena mereka belum mengerti lantaran kurangnya sosialisasi dari pihak terkait.

“Petani yang datang kesini membawa kartu tani masih awam, padahal sama kita tinggal gesek saja ke EDC. Tapi mereka masih bingung apakah hanya seperti itu atau nambah lagi uang. Ya pasti harus ada sosialisasi lagi,” bebernya.

Sejauh ini sudah ada dua toko pupuk di Kota Cimahi yang siap melayani petani membeli pupuk bersubsidi menggunakan Kartu Tani. Toko pertama yakni Toko Tani Jaya dan Toko Sumber Tani yang keduanga ada di Jalan Kolonel Masturi, Kota Cimahi.

Soal kurangnya sosialisasi, dia menjelaskan jika informasi terkait penggunaan Kartu Tani sudah disampaikan lewat Penyuluh Pertanian.

“Sudah diinformasikan lewat penyuluh pertanian. Termasuk informasi soal aktifnya kartu tani,” tandasnya.

(dan)

Loading...

loading...

Feeds

Telkomsel Gelar Dunia Games League 2021

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Telkomsel terus bergerak maju menegaskan komitmennya sebagai enabler dalam ekosistem esports Tanah Air melalui penyelenggaraan Dunia Games …