Bus Wisata Saba Kota Cimahi, “Sakoci” Laku di Hari Libur

TRANSPORTASI WISATA : Bus Sakoci Kota Cimahi. IST

TRANSPORTASI WISATA : Bus Sakoci Kota Cimahi. IST

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Pada hari biasa, Bus Wisata Saba Kota Cimahi (Sakoci) yang jadi kebanggaan Kota Cimahi tidak terlalu diminati penumpang.


Penumpang agak meningkat pada akhir pekan atau hari libur. Penumpangnya pun didominasi oleh anak-anak sekolah yang melakukan karyawisata.

Bus hasil hibah dari Gubernur Jawa Barat ini setiap harinya beroperasi mulai pukul 08.00, kemudian trip kedua pada pukul 10.00, trip ketiga pulul 13.00 WIB dan trip keempat pada pukul 15.00.

Wakil Ketua Organda Kota Cimahi, Olan Siswanto, mengatakan, banyaknya penumpang pada hari libur juga  masyarakat dari luar Kota Cimahi yang ingin mencoba naik Sakoci.

“Kalau hari biasa paling hanya masyarakat Kota Cimahi saja, jadi penumpangnya tidak terlalu banyak,” ujarnya saat ditemui di Alun-alun Cimahi, Rabu (3/4/2019).

Dia mencontohkan, pada hari libur Sakoci bisa beroperasi hingga enam trip, padahal dalam ketentuan Organda setiap harinya maksimal hanya empat trip.

“Untuk hari libur bahkan enam trip karena banyak masyarakat yang sudah antre selama dua jam, sehingga kami harus tetap jalan,” ujarnya.

Ia mengatakan, pada hari libur bus berwarna hijau tua dengan konsep art deco ini itu selalu membawa penumpang secara penuh, sekitar 22 sampai 24 orang jika anak-anak.

“Sedangkan pada hari biasa, satu kali trip itu jarang penuh, bahkan pernah hanya enam kursi yang teriisi, tapi tetap harus berjalan,” katanya.

Menurutnya, beberapa keluhan yang masih disampaikan penumpang yakni tripnya yang tidak terlalu berkesan lantaran bus hanya maju dan lewat destinasi wisata tanpa sempat berhenti.

“Selain harga yang mahal, ya keluhannya soal rutenya terlalu pendek, terus tidak sempat berhenti dan foto-foto di tempat wisata,” ujarnya.

(dan)

Loading...

loading...

Feeds