Lawan 7 Penyakit dengan Air Rebusan dan Rendaman Biji Ketumbar

POJOKBANDUNG.com –  Biji ketumbar biasanya selalu ada di dapur sebagai bumbu penyedap masakan. Biji ketumbar juga memiliki manfaat bagi kesehatan. Dari mulai membantu mengatasi penyakit kronis, pencernaan, hingga tulang.

Dilansir dari Natural Food Series, Selasa (2/4), biji ketumbar dikenal sebagai Dhaniya di India dan ketumbar di Amerika. Nama ilmiah ketumbar adalah ketumbar Coriandrumsativum L yang memiliki aroma yang menyegarkan.

Ketumbar mengandung enam jenis asam (termasuk vitamin C (asam askorbat), dan 11 jenis mineral yang berbeda minyak esensial dan vitamin. Masing-masing nutrisi ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan.

biji ketumbar, manfaat biji ketumbar,
Ilustrasi. Biji ketumbar yang direbus dengan air dingin lalu tunggu hingga suhu kamar bisa untuk mencuci mata. (Healthcare)

Dengan kandungan tersebut, biji ketumbar miliki beragam manfaat untuk kesehatan. Apa saja?

Atur Gula Darah

Biji ketumbar terkenal karena menjaga kadar glukosa darah dan memiliki efek merangsang pada kelenjar endokrin. Berfungsi untuk meningkatkan level insulin dalam darah. Seluruh proses membantu penyerapan dan asimilasi gula yang tepat, menghasilkan penurunan kadar gula darah. Ketumbar juga telah terbukti mengurangi kolesterol jahat (LDL) dan meningkatkan kolesterol baik (HDL), sehingga membuatnya ideal untuk pencegahan dan pengobatan kesehatan jantung. Caranya, rendam biji ketumbar dalam air semalam dan minum.

Cegah dan Obati Osteoporosis

Kehadiran antioksidan seperti vitamin A, riboflavin, niasin, asam folat, vitamin C, vitamin K, kalsium dan karoten, semuanya sangat bermanfaat dalam pencegahan osteoporosis dan kesehatan sendi. 3 gram biji ketumbar diseduh dalam 150 ml air yang dikonsumsi setiap hari dapat memberikan hasil yang luar biasa.

Menyembuhkan Pencernaan

Kandungan borneol dan linalool dalam ketumbar membantu dalam proses pencernaan. Ini juga berguna dalam pencegahan diare yang disebabkan oleh bakteri. Senyawa seperti limonene, cineol, beta-phelandrene, dan alpha-pinene hadir dalam biji ketumbar serta karena memiliki sifat antibakteri.

Atasi Konjungtivitis dan Masalah Mata

Penelitian telah menemukan bahwa kandungan antioksidan tinggi yang terdapat dalam biji ketumbar bisa sangat berguna dalam mengobati mata merah. Ini juga bisa pencegahan infeksi mata. Biji ketumbar yang direbus dengan air dingin lalu tunggu hingga suhu kamar bisa untuk mencuci mata.

Mencegah Artritis dan Rematik

Biji ketumbar memiliki senyawa seperti asam linoleat dan cineole yang terkenal karena sifat antiartritik dan antirematiknya. Bahkan bisa mengobati radang sendi dan pembengkakan yang disebabkan oleh rematik dan radang sendi.

Mencegah Sakit Perut

Sakit perut yang disebabkan oleh menstruasi dapat diobati dengan biji ketumbar. Mengonsumsi air biji ketumbar yang digabung dengan gula dapat membantu meringankan kram perut dan rasa sakit yang dialami selama menstruasi.

Minimalkan Kolesterol Buruk

Biji ketumbar membantu penurunan kolesterol jahat tanpa mempengaruhi kadar kolesterol baik sehingga mencegah berbagai penyakit jantung. Jumlah nutrisi yang banyak terdapat dalam ketumbar yang meliputi asam oleat, asam linoleat, asam palmitat, asam askorbat (vitamin C) dan asam stearat sangat efektif dalam mengendalikan kadar kolesterol dalam darah.

(jpc)

loading...

Feeds

petani

Petani di Cipageran Terpaksa Panen Dini

POJOKBANDUNG.com, CIMAHI – Kekeringan yang melanda Kota Cimahi sejak sebulan lalu, cukup dirasakan petani di wilayah Keluarahan Cipageran, Kecamatan Cimahi …