652 Pengendara Motor Sambil Merokok di Jakarta Kena Tilang

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA – Penindakan pengendara motor merokok sambil mengemudi sudah digencarkan jajaran Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya. Setidaknya ratusan pengendara yang melanggar sudah ditilang aparat kepolisian.


Aturan yang sudah diberlakukan sejak 11 Maret 2019 yang tertuang dalam Permenhub nomor 12 tahun 2019. Kasubdit Gakkum Ditlantas Polda Metro Jaya Kompol Muhammad Nasir menyebutkan, hingga saat ini sudah tercatat 652 pengendara motor merokok sambil mengemudi yang ditilang polisi.

Para pelanggar itu dikenakan Pasal 283 atas pelanggaran Undang-undang Nomor 22 Tahun 2009. Dengan ancaman kurungan tiga bulan penjara atau denda Rp750 ribu.

“Pelanggar sudah mencapai 652 kasus. Mereka ditilang karena dari aspek mengganggu konsentrasi dan tidak wajar,” ujarnya saat dihubungi, Senin (1/4).

Nasir menjelaskan, 652 pelanggar itu dikenakan denda Rp750 ribu. Mereka pun mengurusi sendiri denda di pengadilan atau membayar melalui Bank BRI.

“Sesuai aturan bagi pengendara motor yang melanggar karena merokok sambil mengemudi didenda Rp 750 ribu atau kurungan penjara tiga bulan,” jelas Nasir.

Diketahui, pemerintah RI melalui Kementerian Perhubungan sudah mengeluarkan aturan larangan merokok saat berkendaraan di atas kendaraan roda dua.

Dia menjelaskan Permen nomor 12 tahun 2019 itu mengatur tentang pelindungan keselamatan pengguna sepeda motor yang digunakan untuk kepentingan masyarakat.

Pengendara yang melanggar akan terkena pasal 283 pelanggaran UU Nomor 22 Tahun 2009 dengan ancaman kurungan tiga bulan atau denda sebanyak Rp 750 ribu.

“Penindakan pengendara merokok di sepeda motor di Jakarta sudah berjalan. Begitu peraturan itu keluar kami langsung melakukan penindakan,” ujarnya.

(jpc)

Loading...

loading...

Feeds

Nakes di Bandung Rasakan Efek Vaksin Covid-19

POJOKBANDUNG.com , BANDUNG – Tahap pertama pelaksanaan suntik vaksin Covid-19 di Kota Bandung sudah dimulai, Kamis (14/1/2021). Sejumlah Puskesmas dan …