Kawal Kemenangan Jokowi-Ma’ruf, Ribuan Relawan Pertiwi Kawal TPS di Jabar

Apel siaga tersebut sekitar 5.000 anggota Pertiwi Jabar dan perwakilan anggota Pertiwi dari berbagai daerah di Indonesia.

Apel siaga tersebut sekitar 5.000 anggota Pertiwi Jabar dan perwakilan anggota Pertiwi dari berbagai daerah di Indonesia.

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Sekitar 9.000 perempuan yang tergabung dalam relawan Perempuan Tangguh Pilih Jokowi (Pertiwi) Jawa Barat diinstruksikan untuk mengawal seluruh tempat pemungutan suara (TPS). Mereka akan memastikan kecurangantidak terjadi di hari pencoblosan Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019, 17 April mendatang.


Instruksi tersebut disampaikan dalam Apel Siaga Kawal TPS yang digelar Pertiwi di Sasana Budaya Ganesha, Jalan Tamansari, Kota Bandung, Minggu (31/3/2019). Apel siaga tersebut diikuti sekitar 5.000 anggota Pertiwi Jabar dan perwakilan anggota Pertiwi dari berbagai daerah di Indonesia.

Ketua Umum Pertiwi Putri K Wardani mengatakan, tugas para perempuan tangguh saat ini mengawal suara di TPS-TPS dan memastikan kecurangan tidak terjadi. Bahkan mereka (Pertiwi, red) akan menjadi saksi masyarakat untuk pemilihan umum yang jujur, adil dan berintegritas.

“Kami kerja berdasarkan timelime. Sekarang sudah tidak ada lagi deklarasi. Kami lakukan sekarang adalah apel siaga mengingat kebutuhan dari TPS-TPS harus dikawal,” ujar Putri.

Dalam Apel Siaga Kawal TPS tersebut, pihaknya juga mengedukasi seluruh anggota Pertiwi tentang tata cara mengawal suara di TPS. Menurut dia, tugas pengawalan TPS berlaku bagi seluruh anggota Pertiwi di seluruh Indonesia.

“Mereka akan mengawal suara di TPS hingga (formulir C1) ditandatangani, difoto C1 planonya dan diupload ke berbagai situs Kawal Pemilu,” terangnya.

“Dengan demikian, perempuan-perempuan tangguh Pertiwi terlibat aktif sejak awal kampanye hingga menjadi relawan pada penghitungan hasil akhir Pemilu 2019,” lanjutnya.

Ketua Direktorat Hukum dan Advokasi Pertiwi yang juga motor kegiatan Pertiwi di Provinsi Jabar, Hemasari Dharmabumi menambahkan, salah satu misi Pertiwi adalah mempertahankan keberagaman budaya dan adat istiadat bangsa Indonesia dan menjaga pemilu yang damai.

“Ibu-ibu ini ditargetkan door to door canvasing di semua tempat, memanfaatkan waktu tersisa untuk meyakinkan keluarganya, tetangganya, termasuk yang tidak kenal untuk pilih Jokowi. Ibaratnya, gaspoll,” katanya.

Untuk diketahui, Pertiwi didirikan di Jakarta 17 November 2018 lalu. Secara aktif, Pertiwi telah bekerja di seluruh Indonesia untuk mengampanyekan dukungan kepada Jokowi-Ma’ruf melalui deklarasi massal di berbagai daerah dan mengisi program kampanye bertema perdamaian.

Saat ini, Pertiwi memiliki anggota sebanyak 12.000 orang dimana sebagian besarnya berada di Jabar. Selain Jabar, anggota Pertiwi tersebar di Sumatera, Sulawesi, Bali, DKI Jakarta, Kalimantan, serta beberapa cabang di luar negeri, seperti di Australia, Canada, dan Jepang.

(apt)

Loading...

loading...

Feeds

Momen RAFI 2021, Telkomsel Siaga Maksimalkan Jaringan

POJOKBANDUNG.com, JAKARTA- Telkomsel siap memastikan ketersediaan kualitas jaringan dan layanan yang prima demi menghadirkan pengalaman digital untuk #BukaPintuKebaikan bagi masyarakat …

PDRI Siap Kawal Distribusi KIP Kuliah Merdeka

POJOKBANDUNG.com, BANDUNG – Persaudaraan Dosen Republik Indonesia (PDRI) akan memantau dan mengawal distribusi penyaluran Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah Merdeka …